Tuesday, June 14, 2022

TULISLAH TOPIK YANG ANDA SUKAI

 


Saya paling suka menulis topik-topik yang saya dapat dari wise saying atau quotes baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris. Wise saying atau quotes  dapat saya dapatkan dari internet. Saya biasanya memilih sesuai tema yang ingin saya tulis. Misalnya saya ingin menulis tentang guru maka saya cukup ketik quotes for teacher atau quotes untuk guru.  Maka akan muncul berbagai wise saying yang berhubungan dengan guru, murid dan pengajaran.  Seperti pada wise saying diatas, “Orang hebat bisa melahirkan beberapa karya bermutu, tapi guru bermutu bisa melahirkan ribuan orang hebat.”

Bagus dan sangat menginspirasi bukan? Dari situ saya bisa jabarkan kriteria guru yang bermutu atau berkualitas, cara mengajar, cara berinteraksi dan berkomunikasi dengan murid-muridnya. Akan menjadi apakah murid-muridnya kelak? Saya juga bisa jelaskan tipe-tipe guru dengan background pendidikan yang berbeda. Mungkin seseorang mengajar bukan dari background tenaga pendidik namun memiliki passion mengajar. Dapat juga dia mengajar karena terpaksa atau tidak ada pilihan, karena tidak ada peluang pekerjaan lain untuknya. Saya juga dapat menceritakan background seseorang memang guru namun dia tidak menikmati menjadi guru.

Akan lebih menarik jika contoh seorang guru yang bermutu disajikan dalam bentuk cerita. Demikian juga dengan orang-orang hebat yang merupakan hasil didik guru tersebut. Berikut ini ada quote yang menggelitik hati karena benar-benar menyindir saya sebagai guru yang susah mengingat nama muridnya.

“Jangan pundung jikalau guru tidak ingat dengan namamu sebagai siswa, karena guru mengajar bukan untuk menghafalkan nama melainkan mengajarkanmu bagaimana caranya menggapai impian.” -  Gurupenyemangat.com.

Nah, jika sekarang kita memilih topik lain dari wise saying tentang penulis, coba perhatikan wise saying berikut:

“If you want to change the world, pick up your pen and write.”  (Jika kamu ingin mengubah dunia, ambil penamu dan tulislah ) – Martin Luther.

Bagaimana dengan topik ini? Sangat memotivasi bukan? Walau kita bukan seorang penulispun, hati kita akan tergerak jika membaca quotes ini dan akhirnya mencoba untuk mulai mengekspresikan ide-ide melalui tulisan.  

Coba baca quotes dibawah ini!  Quotes yang menyemangati kita bahwa walau kita tidak dapat menulis dengan baik setiap hari, tetapi kita selalu dapat mengeditnya. Jika kita tidak menulis maka tidak ada yang bisa kita edit.


Nah, semoga quotes atau wise saying dari internet atau manapun dapat menginspirasi kita untuk menulis. Silakan mencoba!

 

#lombamenulisblogpgri

#tantanganmenulissetiaphari

#Day5

Jonggol, 14 Juni 2022

NANI KUSMIYATI




4 comments:

  1. Bisa jadi inspirasi nih bu... Klu nggak tau apa yang mau ditulis..

    ReplyDelete
  2. Waaw keren mbk mantab quotesnya. Dan kita pernah bermimpi kan mbk untuk bisa mengubah dunia dengan tulisan kita..🀲🏻πŸ’ͺ🏻πŸ’ͺ🏻πŸ₯° semangaat.

    ReplyDelete
  3. Woow kereeen mantull menginspirasi pisan bu Nani πŸ˜‡πŸ˜πŸ‘

    ReplyDelete
  4. Iya ,saya setuju dengan pendapat ibu ,guru bisa melahirkan ribuan orang hebatπŸ‘πŸ˜πŸ€²

    ReplyDelete

NYANYIAN ALAM

  pexels-alex-azabache-3214944 NYANYIAN ALAM   Deburan ombak Desiran angin Gemerisik daun kering Berpadu indah menenangkan hati ...