Monday, June 6, 2022

BUKU KETIGA

 



Tidak percaya jika buku ketigaku menjadi buku terlaris dari kedua bukuku sebelumnya. Tidak pernah terbayangkan buku yang berjudul, "Public Speaking and MC based on experiences, " akan terjual sekitar 200 copy. Awal menulis buku ini karena aku ingin menyatukan pelajaran Public Speaking dan MC yang aku dapat dari berbagai sumber seperti sosial media, youtube maupun blog orang lain. Aku juga mendapatkan bayak teori dan praktek dari British Council, Pusdiklat Bahasa maupun TVRI. Pelajaran-pelajaran itu aku simpan dalam folder yang belum tersusun rapi di flash disk maupun di laptopku. Aku buka dan baca ketika aku mendapat tugas untuk mengajar para perwira yang akan belajar ke luar negeri atau mereka yang akan mengikuti event-event internasional baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Ketika aku ditunjuk menjadi MC, aku cukup mengganti nama event maupun nama tamu undangan dengan sedikit bumbu kata-kata disesuaikan dengan jenis event. Untuk menghindari script yang sama, aku sudah siapkan beberapa pilihan kata yang akan aku gunakan ketika tampil. Terus terang ada rasa bosan jika menggunakan kata yang sama karena tampak kurang kreatif. Walau aku cukup sering tampil menjadi MC namun aku paling tidak suka jika ditunjuk mendadak. Aku bisa tampil prima dan memiliki percaya diri jika aku berlatih terlebih dahulu dua atau tiga hari sebelumnya.

Sedikit berbeda dengan mengajar Public Speaking dan MC di kelas. Aku merasa lebih santai namun masih harus tetap dengan persiapan secara terinci terutama untuk memberikan beberapa contoh script presentasi maupun MC. Aku juga sudah siapkan beberapa video dari presenter-presenter terkenal yang aku ambil dari internet. Presenter yang aku kagumi, Mr. Barack Obama, mantan Presiden Amerika yang menurutku berwibawa dan humble (rendah hati). Pengucapan yang jelas, isi presentasi yang mendalam dan mudah dipahami. Aku juga suka Oprah Winfrey, seorang host pada acara American talk show. Pembawaannya lugas, dengan candaan-candaan segar yang relevan dengan acaranya.

Menuliskan pengalaman hingga menjadi buku menjadi sesuatu yang aku minati saat ini. Sebagai contoh buku ketigaku. Aku bersyukur karyaku juga turut meramaikan hari ulang tahun Lemhannas, institusi dimana aku bekerja saat ini. Aku juga sempat berfoto dengan seseorang penulis terkenal di TNI AL, dan beliau juga mantan orang nomor satu di TNI AL. Rasa bangga untuk terus belajar dan tetap menjadi yang terbaik adalah harapanku. Aku senantiasa teringat akan pesan kedua orangtuaku, "tetap rendah hati dan penyayang, tidak pelit akan ilmu dan harta", karena apa yang kita miliki semua adalah titipan Tuhan YME.

Nah jika penasaran, yuk miliki buku ketigaku.






6 comments:

  1. Terharu dan bangga saat buku menemui takdirnya yang baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih semoga saya bisa punya buku solo lagi ya bu

      Delete
  2. Gasspoll. Mengharukan sekaligus membahagiakan. Ternyata menulis itu seperti memasak. Meramu bahan dan bumbu. Mantap sekali, Bu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul pak D Susanto, cuma saat ini belum rutin lagi. Sedang banyak yang disiapkan

      Delete
  3. Semoga saya bisa mengikuti jejak Bu mayor

    ReplyDelete

NYANYIAN ALAM

  pexels-alex-azabache-3214944 NYANYIAN ALAM   Deburan ombak Desiran angin Gemerisik daun kering Berpadu indah menenangkan hati ...