Wednesday, June 8, 2022

HADIAH BUKU DARI PAK BRIAN

 HADIAH BUKU DARI MAS BRIAN



Sore tanggal 7 Juni 2022 tepatnya sore hari, aku duduk di depan laptop di dalam kamarku. Seperti biasa sambil mengetik tugas-tugas kantor aku menikmati secangkir kopi hangat dengan kudapan bolu kacang hijau pemberian dari salah satu stafku dari Jawa Tengah. Jika aku bosan mengetik tugas kantor aku melanjutkan mengetik jurnal Internasional yang baru sampai Bab tiga. Jika aku bosan mengetik aku menonton berita di chanel TVRI yang aku rasa program-programnya semakin bagus jika dibandingkan TV Swasta karena lebih variatif dan bersifat edukasi.

Bersyukur di dalam kamar bisa melaksanakan kegiatan multi fungsi tidak hanya untuk melepas kepenatan namun juga untuk bekerja atau menambah kepenatan. (hahaha) Jika setiap hari,  ketika berada di rumah aku bisa melaksanakan banyak hal artinya aku sedang sehat dan sedang dalam kondisi prima. Ada kepuasan tersendiri jika ada hal yang dapat diselesaikan. HP ku juga sangat membantuku untuk belajar meningkatkan listening dan reading bahasa Inggrisku. Maklum sudah lama tidak ada info dinas ke luar negeri. Namun sebenarnya tidak perlu ke luar negeri secara langsung, karena kita bisa jalan-jalan kedunia maya dari negara satu ke negara lain melalui internet walaupun pengalamannya sedikit berbeda.  Aku sempatkan untuk membaca buku sekaligus mendengarkan dari ‘Headway’ yang aku install via play store.  Saat itu aku sedang membaca buku yang berjudul, ‘Atomic Habits.” Baru membaca bab 3, tiba-tiba pintu kamarku di ketuk oleh putraku sambil memberikan bingkisan kecil terbungkus rapi dengan karton coklat dan terdapat nama pengirim diatas karton tersebut. Ternyata bingkisan dari mas Brian dan saya sudah dapat menduga isi bingkisan itu pasti buku, karena dua hari sebelumnya mas Brian meminta alamatku.

Buku dengan cover berwarna biru dengan judul, “Aksi Literasi Guru Masa Kini.” Buku yang berjumlah 94 halaman berukuran sedang dengan 19 sub topik membuat aku ingin segera membaca secara sekilas. Ingin membaca secara detail namun masih ada beberapa bacaan yang masih antri diatas meja. Terutama beberapa referensi untuk menyelesaikan jurnal internasional.

Ilustrasi pada setiap halaman adalah gambar buku yang disusun rapi  di rak buku. Ada juga buku-buku yang tersusun di depan rak buku. Beberapa gambar menunjukkan anak kecil yang sedang membaca buku, juga seorang gadis cantik naik tangga sambil melihat buku-buku yang jauh dari jangkauannya. Aku suka sekali melihat pemandangan itu seakan-akan itu aku ketika masih muda. (hehehe) Sewaktu kecil aku suka membaca komik silat atau cerita kolosal. Dan buku yang aku sukai saat itu berjudul, “Api di Bukit Menoreh,” karangan S.H. Mintarja. Hingga sekarang buku itu masih ada tapi dalam bentuk digital dan dapat diunduh free dengan meng-install dari play store.

Buku mas Brian membahas tentang rendahnya minat baca anak Indonesia, sehingga menginspirasi seorang Guru SD kelas VI yaitu mas Brian untuk menyediakan beberapa buku baru dan kemudian membuat pojok baca. Ide mas Brian disambut positif oleh para siswanya. Mas Brian menyebutkan permasalahan sebenarnya bukan pada minat baca yang rendah namun lebih kepada kurangnya akses terhadap bahan bacaan yang sesuai dan menarik. Buku ini juga bercerita tentang perpustakaan tidak aktif. Ingin tahu kelanjutan ceritanya atau topik-topik lainnya? Maka aku sarankan untuk pesan buku mas Brian.

Pembaca budiman, sekian yang dapat aku ceritakan kali ini. Tunggu cerita-ceritaku  dan ulasan-ulasan buku lebih mendalam lainnya. Bye bye. Happy Reading.

 

NANI

2 comments:

NYANYIAN ALAM

  pexels-alex-azabache-3214944 NYANYIAN ALAM   Deburan ombak Desiran angin Gemerisik daun kering Berpadu indah menenangkan hati ...