Sunday, June 26, 2022

FOTO LAWAS

 FOTO LAWAS

Foto lawas atau sering disebut foto jadul atau kuno mengingatkanku pada suatu peristiwa walau tidak tahu persis peristiwa apa itu. Foto yang yang aku temukan ini sebenarnya dari group whatsApp my batch KOWAL yang dikirim dalam posisi miring. Jika ingin melihat dengan jelas maka foto yang ada di HP-ku aku kirim ke camscaner. Dan jadilah lurus dan lebih jelas. Beruntung saat ini segalanya dapat dipermudah dengan teknologi, walau teknologi itu melalui gawai kita namun semuanya dapat disulap seperti apa yang kita inginkan. Yang terpenting tidak gagap teknologi (gaptek).  

Foto itu tepatnya pada bulan Agustus 1989. Wah sudah berpuluh-puluh tahun yang lalu.  Mengenakan baju olah raga (training pack) berwarna hijau muda. Aku masih ingat bahan dari training pack itu soft dan nyaman dipakai.  Saat itu aku berpangkat Sersan Dua (SERDA) dua tahun. Kami menaiki bus kantor khusus KOWAL, sebelum bus berangkat pasti ada event yang diabadikan melalui jepretan kamera jadul yang masih ada filmnya kemudian di cetak di tempat cuci cetak film. Ketika foto itu di share di group whatsApp temen-temenku tidak ada yang ingat persisnya event itu. Ada yang bilang perkenalan Bintara 1987, ada yang bilang mau ke Kebon Raya Bogor dan bahkan ada yang bilang mau ke Malang. Kami semua menerima apa saja pernyataan yang di lontarkan. Menurutku yang jelas event jalan bersama bisa jadi ke Monas. Hahaha berbeda-beda ya pendapatnya.

Aku sebenarnya masih ngantuk, tapi senang. Namun jika mau berfoto semua segera bergaya dan tersenyum atau tertawa. Seperti biasa, setiap ada kegiatan waktu persiapan dua jam sebelumnya. Dulu kok bisa ya. Kalau sekarang at least (paling tidak) satu jam sebelumnya. Saat itu belum ada HP, jadi kami menyimpannya di buku album masing-masing yang kami beli dari toko stationery (alat tulis) di Sarinah.  Sarinah adalah tempat kami untuk berbelanja karena sangat lengkap dan jaraknya tidak jauh dari mess kami di Tanah Abang. Kami biasanya jalan kaki dan pulangnya naik bajaj karena membawa banyak tentengan atau belanjaan. Namun ada juga yang beli di toko sepanjang jalan menuju pasar Tanah Abang.

Melihat foto dijaman dahulu, mengingatkan aku bahwa masa-masa itu telah aku lewati. Selalu ada sukanya dan selalu ada dukanya. Di foto itu ada salah satu sahabatku yang sudah meninggal karena sakit pada saat usia masih muda, saat itu kami masih berpangkat Sersan Kepala (SERKA).  Aku sempat bertemu dengannya ketika aku dinas di Makasar. Dia dan keluarganya menyambut aku dan membawaku berjalan-jalan di sepanjang Pantai Losari dan menikmati ikan bakar yang ternyata penjualnya banyak orang Jawa. Senang bertemu dia dan anaknya yang masih balita. Usia tiada yang tahu hingga berapa, hanya Allah SWT yang Maha tahu. Aku percaya dia mendapatkan tempat terindah disisi Tuhan  YME.

Di foto itu ada sahabat aku yang hilang entah kemana, "Ety Madwiarti”. Aku berharap bisa mendapatkan kabar darinya bagaimanapun kondisinya. Ketika kami di mess Ety sering mengajakku ke tempat tantenya yang berdomisili di Kedoya. Kami biasanya menginap di tempat tantenya dan menikmati masakan tantenya. Serasa memiliki keluarga karena keluargaku semuanya berada di Jawa Timur. Sebenarnya banyak kisah menarik yang aku punya ketika bersama-sama dia. Saat ini aku hanya bisa mendoakan dimanapun dia berada semoga Tuhan senantiasa menjaganya. Beberapa temanku ada yang resign dini (pensiun dini) karena ingin fokus menjadi ibu rumah tangga dan ada juga yang memiliki bisnis lain.

Saat ini  beberapa teman kami ada yang sudah pensiun karena tidak mengikuti pendidikan perwira. Namun tali silaturahmi kami tetap terjalin dengan gawai kami yang cukup canggih, bisa video call, instagram  (IG ) atau Face Book (FB).  Yang terpenting saat ini kami senantiasa bersyukur kepada Sang Pencipta, hingga detik ini masih diberikan kesehatan dan bisa bernostalgia. Kami yang masih tersisa, berusaha menjalani kehidupan dengan positif, berharap Tuhan selalu membimbing kami ke jalan yang semestinya hingga kami semua kembali kepada-Nya.

 

Jonggol, 27 Juni 2022

NANI KUSMIYATI

#lombamenulisblogpgri

#tantanganmenulissetiaphari

#Day 18



6 comments:

  1. Mudah2an suatu saat nnti bunda mayor dipertemukan kembali sama bu sahabat lamanya bu eti

    ReplyDelete
  2. Walau fhotonya jadul tapi masa-masa yang dilalui bersama sahabat saat itu akan tetap terkenang Bun...saya juga ada fhoto jadul...tapi saya simpan dengan sangat rapi biar ga ilang. Hee

    ReplyDelete
  3. Masa yang penuh kenangan mayor,semoga bisa dipertemukan lagi

    ReplyDelete
  4. Uniknya potret lawas mengingqtkan kita kemasanya 😊👍

    ReplyDelete
  5. Aamiin... Waah th 1989 aq baru berumur 8 thun mnk..hehe.. foto nembawa kenangan.. semoga bisa bertemu dan mngetahui jabar sahabat mb Nani tersebut..

    ReplyDelete

NYANYIAN ALAM

  pexels-alex-azabache-3214944 NYANYIAN ALAM   Deburan ombak Desiran angin Gemerisik daun kering Berpadu indah menenangkan hati ...