Monday, June 1, 2020

Kolaborasi 4 Buku dengan Editor oleh Om Jay

Komentar Om Jay tentang Buku รข€œSaya Mau Jadi Guru GoBlog ...

Kolaborasi 4 Buku dengan Editor oleh Om Jay
By Nani Kusmiyati
Malam ini Om Jay sebagai narasumber dengan moderator Ibu Fatimah dari Aceh. Kuliah untuk 12 group WA. Wow unbelievable !

Tema yang dibahas  memang tidak disebutkan namun saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Om Jay ingin menceritakan Kolaborasi 4 buku dengan editor yang telah dibuatnya.  Berikut adalah penuturan beliau tentang proses menulisnya. Agar para pembaca dapat masuk ke dalam ide-ide Om Jay juga harapan-harapan Om Jay, kali ini saya tulis kembali materi kuliah dari Om Jay, selamat membaca.

“Banyak orang tidak tahu bahwa menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar. Oleh karena itu saya menulis setiap hari di blog. Dengan begitu saya bisa membuat buku dari hasil menulis di blog. Sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Tema inilah yang malam ini saya berikan dari wa group gelombang 1 sampai 12 secara online di wa group. Menerbitkan buku dari hasil menulis di  blog.

Sekedar informasi. Buku catatan harian seorang guru blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan. Buku ini dikerjakan dengan sangat teliti oleh pak Sukarno yang menjadi editornya. Selama pengerjaan buku tidak pernah satu kalipun kami bertatap muka. Pak Sukarno mengerjakannya di Semarang. Sedangkan omjay ada di Bekasi. Kami berkomunikasi hanya lewat wa saja. Tulisan diambil dari kisah nyata omjay yang ditulis di blog kompasiana.com/wijayalabs.

Buku melejitkan keterampilan menulis siswa diterbitkan dalam waktu 3 bulan. Buku ini adalah hasil penelitian tindakan kelas atau PTK yang lolos masuk final lomba karya tulis inovasi pembelajaran tingkat nasional. Berkat PTK ini omjay mendapatkan laptop baru dan uang jutaan rupiah. Bisa ke Bali gratis naik pesawat Garuda Indonesia dan menginap di hotel berbintang 5.

Awalnya omjay tidak tahu kalau hasil PTK bisa dijadikan buku ber ISBN. Setelah belajar sama pak Lukman di Jawa Timur lewat online, omjay menjadi tahu ilmunya.

Ibu hati di Bandung menawarkan diri menjadi editornya. Tentu saja omjay senang sekali karena belum punya pengalaman sama sekali menulis buku dari hasil PTK. Alhamdulillah buku itu jadi dan banyak yang memesannya.

Berkat membuat laporan PTK yg baik, saya dapat hadiah kuliah singkat ke China University of Mining Technology atau CUMT. Omjay belajar steam di sana dan pulang bawa uang 21 juta.

Buku Blogger ternama adalah sebuah buku yang diterbitkan dari hasil menulis di blog selama 6 bulan.

Buku ini diterbitkan oleh pak Wiranto dari penerbit Camp Pustaka. Isinya kisah nyata omjay menulis di blog dan menjadi blogger ternama.

Lewat buku ini omjay mengajak kawan kawan guru untuk menulis di blog dan kemudian merajut tulisannya menjadi buku yang layak jual. Jadi tidak mengajari guru cara membuat blog. Sebab cara membuat blog dapat dengan mudah kita dapatkan di google.com dan youtube.com. Banyak orang baik yang sudah menuliskannya di internet.

Blogger ternama ditulis dari kisah-kisah inspiratif bagaimana seorang guru yang biasa saja dapat menjadi guru yang luar biasa. Bahkan berkat rajin menulis di blog omjay diundang keliling Indonesia dan diajak makan siang di istana negara bersama Presiden Jokowi. Itulah keajaiban ngeblog yang mengantarkan omjay menjadi blogger ternama. Bahkan kami suami istri bisa bulan madu gratis ke Singapura gara gara menulis di blog. Hal itulah yang ingin omjay tularkan dalam buku ini. Bukan menularkan virus corona tapi menularkan virus ngeblog di kalangan guru Indonesia. Dengan begitu para guru menjadi blogger ternama dan menjadi guru blogger Indonesia.

Buku menulislah setiap hari adalah buku pertama kali yang omjay terbitkan di penerbit mayor. Perlu waktu 3 tahun menerbitkan bukunya. Omjay masih belum percaya diri menerbitkan buku. Sebab seringkali ditolak oleh penerbit mayor. Namun omjay tak pernah putus asa. Buku akhirnya jadi berkat jasa mbak Abdah Khan. Berkat beliau buku itu menjadi enak dan renyah dibaca. Kemudian buku itu diterbitkan oleh penerbit Indeks Jakarta dengan editor mas Yuan Acita. Sampai sekarang omjay belum pernah bertemu orangnya. Kabarnya beliau ada di Padang. Berkat tangan dingin beliau buku ini laku keras dan tersebar ke seluruh Indonesia. Berkat buku ini omjay membeli rumah baru. Tidak besar tapi cukup untuk berlibur bersama keluarga di Wanaraja Garut Jawa Barat.

Pesan apa yang ingin omjay sampaikan malam ini?
Omjay ingin menyampaikan kepada kawan-kawan guru bahwa kolaborasi itu penting. Keempat buku yang omjay terbitkan adalah berkat kolaborasi antara penulis dan editor. Penerbit yang baik tentu memerlukan waktu dalam proses editingnya. Hal ini kurang disadari oleh para penulis pemula. Apalagi buat kawan guru yg menulis hanya untuk kenaikan pangkat. Jadi menulis buku itu bertujuan berbagi ilmu dan pengalaman. Bukan sekedar menambah point untuk kenaikan pangkat saja.

Selanjutnya sesi tanya Jawab :

P 1 - Assalamualaikum om Jay, Kisahnya benar-benar inspiratif dan menggugah semangat untuk terus menulis,saya Nora dari Semarang, ingin bertanya..
Saya tertarik tentang membukukan hasil PTK. Bagaimana caranya menuangkan hasil penelitian menjadi sebuah buku? Maksud saya apa saja hasil dari penelitian kita yang harus dituliskan menjadi sebuah buku? Apakah data-data penelitian juga turut dimasukkan juga? Terima kasih.

Berbagi itu tidak pernah rugi. Kita bisa berbagi ilmu lewat blog di internet. Hal itulah yang omjay lakukan selama 11 tahun ini. Orang tahu omjay dari tulisan omjay di blog. Kesuksesan itu butuh proses. Ibarat bertani. Kita akan mwnghsilkan padi yg bagus kalau prosesnya bagus. Ingat selalu ilmu padi. Kian berisi kian merunduk.

P - Assalamualaikum om jay. Apakah buku yang dituliskan dari hasil menulis diblog harus satu tema atau bervariasi? Bagaimana cara Om Jay mendapatkan orang-orang "keren" yang dapat membantu dalam menerbitkan buku. Suheri. Tangerang.

P - Selamat malam om jay..
Terkait menulis PTK menjadi sebuah buku.. Bagaimana mngerjakanya  om. Adakah pengurangan atau penambahan isi PTK..? Agar bisa mnjdi sebuah buku yg menarik. Terimakasih. Sumarjiyati,GK.

J - Ya Omjay dapat bimbingan dari pak Lukman dan bu Hati. Nanti omjay kaasih nomor WA mereka
Belajarlah kepada kedua guru hebat, Pak lukman dan bu Hati.

P – Assalamualaikum Om Jay. Kalau buku kita BS diterbitkan penerbit Mayor Alhamdulillah. Terus saya tanya, kalau buku kita diterbitkan di penerbit Indhie bagaimana trik pemasarannya Om Jay agar buku itu laku jual. Mukminin SMP I Kedungpring Lamongan.

J - Rajin bergabung di media sosial dan wa group.

P-Yulius Roma-Tana Toraja-Gel.8. Omjay, apakah penerbit-penerbit tersebut merupakan penerbit Indie atau kategori mayor?

J - Tata Akbar dan Presindo penerbit indi. Sedangkan Indeks dan Camp pustaka penerbit mayor.

Demikian sesi tanya jawab, yang tidak saya tampilkan semua. Om Jay benar-benar hebat, langsung menghandle 12 WA group.

Semoga kita dapat belajar dari pengalaman beliau, karena pengalaman adalah guru yang berharga.


Selamat membaca...

10 comments:

  1. Wahhhh ini tulisan sgt enak dibaca dan bermanfaat. Keren Bu.

    ReplyDelete
  2. Mateeonya ssh omjay tulis di wa group ya. Mohon doanya omjay cepat sembuh.

    ReplyDelete
  3. Tulisan yang bermanfaat dan sangat membantu. Terima kasih Bu Nani

    ReplyDelete
  4. Waaw.. Bu nani gercep.. Perlu d conntoh . .
    Smg kita bisa mngikuti jejak om jay..sehat sll om jay

    ReplyDelete
  5. Mantul bu. Mampir ke cakinin.blogspot.com

    ReplyDelete

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...