Monday, June 15, 2020

GURU MENULIS DAN MENERBITKAN BUKU DENGAN MAS BRIAN

Malam ini sharing pelajaran dari Mas Brian, guru muda yang berani untuk membagikan ilmunya kepada group Menulis 1 s.d 8. dan memiliki talenta dibidang ngeblog juga menulis artikel dan buku. Untuk mengenal lebih dekat dengan Mas Brian, silakan baca CV dibawah ini.

Nama: Raimundus Brian Prasetyawan, S.Pd
Tempat tgl lahir: Jakarta, 30 Juni 1992
Pendidikan: S1 PGSD
Pekerjaan: Guru SD
Tempat tinggal: Bekasi
Aktivitas lain: ngeblog sejak 2009, Menulis buku,  puluhan artikel dimuat media cetak.

Sharing ilmu ini dipandu oleh Moderator kita yang selalu penuh semangat dalam memotivasi peserta literasi, ibu yang baik hati, "ibu Fatimah."

Dan inilah pelajaran dari Mas Brian, yang sengaja saya sajikan dengan bahasa asli mas Brian yang lugas namun mudah dipahami.

"Selamat malam bapak/ibu guru hebat di seluruh Indonesia, Saya senang bisa berinteraksi dengan bapak/ibu guru sekalian karena kita sama-sama suka menulis. Saya juga deg-degan karena harus membawa materi kepada bapak/ibu yang sudah jauh berpengalaman.

Pengalaman saya menjadi guru masih seumur jagung. Maka sebenarnya bapak/ibu sekalian yang menjadi panutan untuk saya. Maka saya malam ini ingin sharing saja. Kebetulan saya sudah suka ngeblog sejak 2009. Saya ngeblog di blogger.com.

Maka sharing saya malam ini seputar ngeblog di blogger.com. dan sedikit kisah menerbitkan buku. Saya tidak membahas tentang teknik menulis atau aturan menulis karena memang saya belum layak untuk porsi tersebut. Saya sendiri masih terus belajar tentang cara menulis yang baik dan menarik. Maka dari itu saya bergabung dengan grup belajar menulis Om Jay ini.

Berawal dari peserta saja, saya kemudian tergerak untuk membantu bapak/ibu peserta lain yang kesulitan dalam membuat/menggunakan blog. Kebetulan saya sudah hobi ngeblog sejak 2009, sehingga sedikit-sedikit saya bisa membantu bapak/ibu. 

Mengapa saya mau membantu ? Poin utamanya adalah saya ingin punya banyak teman-teman guru blogger. Saya ingin bapak/ibu tidak merasa bahwa blog itu media yang sulit digunakan. Saya khawatir jika kesulitan yang dialami tak kunjung mendapat solusi, bapak/ibu akan meninggalkan blog. 

Sebelum bergabung dengan grup ini, selama ini saya merasa sendirian saja menjadi guru blogger. Saya bersyukur dipertemukan grup ini sehingga dapat berjumpa dengan guru-guru blogger luar biasa di seluruh Indonesia. Maka saya berharap grup ini nantinya tetap eksis.

Sebagai awal, silakan bapak/ibu baca artikel di blog saya berikut:

http://www.praszetyawan.com/2020/06/menjaga-konsistensi-ngeblog-11-tahun.html

Jadi dari tulisan itu, disimpulkan bahwa motivasi menjadi faktor penting untuk menjaga konsistensi ngeblog. Disebutkan motivasi ada dua yaitu dari hasil ngeblog dan target ngeblog.

Sekarang ini banyak blogger yang terjebak pada motivasi yang berorientasi pada hasil, khususnya penghasilan dari iklan. Ini motivasi yang sebaiknya dihindari, karena jika tak kunjung dapat penghasilan, kita akan mudah meninggalkan blog. Memasang iklan boleh saja tapi jangan terlalu banyak berharap. 

Apalagi bagi blogger yang baru membuat blog, perlu menunggu minimal 6 bulan jika ingin mendaftarkan blognya ke google adsense, itu pun tidak dijamin pasti diterima. 

Jadi perlu saya luruskan, mari kita kembali pada tujuan awal bergabung dengan grup ini yaitu mengasah kemampuan menulis hingga menerbitkan buku. Blog digunakan sebagai media tempat kita menulis saja. 

Ide Tulisan

Kurangnya Ide tulisan kerap menjadi penghambat aktivitas menulis kita, Terkadang  kita sudah berada di depan laptop dan siap menulis, tapi masih bingung mau menulis apa. Menurut saya, kita tidak perlu menunggu ide/kejadian hebat untuk bisa menulis. Saya memiliki prinsip, hal biasa yang kita lakukan/alami bisa jadi dianggap luar biasa bagi orang lain. Maka hal yang paling mudah ditulis adalah pengalaman/aktivitas sehari-hari di rumah atau di tempat kerja. Apalagi kita guru, tentu punya banyak cerita.

Blogger vs Wordpress

Ini pertanyaan yang tidak pernah ada habisnya dari masa ke masa hehehe. Lebih bagus pakai blog apa? Blogger atau wordpress. Sebelum bapak ibu bertanya, saya jawab duluan saja sekarang ya. Jadi nanti bapak/ibu bisa bertanya hal lain. 

Jawaban saya tidak beda jauh dengan Mr Bams saat menyampaikan kisah ngeblog di wordpress. Antara blogger atau wordpress tergantung selera masing-masing. Lebih spesifik lagi, tergantung blog mana yang pertama kali ia kenal. Jika pertama kali blog yang dikenal adalah wordpress, maka akan mempelajari wordpress sampai terbiasa dan nyaman, sehingga menganggap wordpress lebih bagus. Maka menurut saya, tidak ada jawaban objektif untuk menjawabnya. 

Jika ada yang bisa menjawabnya, kemungkinan dipengaruhi subjektivitas. Orang yang sudah lama terbiasa menggunakan blogger akan menjawab blogger lebih bagus. Begitu juga sebaliknya. Jadi sebenarnya tidak perlu membandingkan blogger dan wordpress. Yang perlu dilakukan adalah memilih salah satunya dan gunakan secara konsisten.

Teknis penggunaan blogger.

Seperti yang saya katakan di atas, ada bapak/ibu peserta yang sesekali mengalami kesulitan penggunaan blog. Saya sesekali menjawab di grup dan lebih banyak menjawab pertanyaan yang japri ke saya. Mengapa sebaiknya japri ? karena jika pertanyaan disampaikan lewat grup, akan tertimpa banyak chat baru lainnya sehingga saya sering tidak menyadari ada kesulitan yang disampaikan di grup.

Hal terbaru dari blogspot adalah blogger.com perlahan-lahan menuju perubahan tampilan baru. Saat ini, jika baru membuat blog, maka secara otomatis kita disajikan penampilan baru blogger.com. Namun ini masih tahap uji coba. Kita masih dapat mengembalikan ke  tampilan lama blogger. Namun suatu saat nanti pasti tampilan baru akan menjadi permanen. Maka sebaiknya bapak/ibu sedikit demi sedikit mulai membiasakan diri dengan tampilan baru blogger.com. Blogger.com memang kerap mengubah tampilan. Sudah tak terhitung berapa kali berubah tampilan sejak saya pertama kali ngeblog pada 2009.

Ini link video terbaru tutorial blog di channel youtube Mas Brian.

https://youtu.be/mPepysATwSY

Mas brian juga menulis buku blog, inilah bukunya:


Apa saja isi buku itu ? silakan lihat daftar isinya di blog saya. Begitu penuturannya. 

http://www.praszetyawan.com/2020/03/daftar-isi-lengkap-buku-blog-untuk-guru.html

Kemudian, Mas Brian melanjutkan sharing ilmunya:

"Sejak ngeblog pada 2009, saya telah membuat sejumlah blog untuk berbagai kepentingan dan dapat
dilihat di link berikut:

https://www.praszetyawan.com/p/my-other-blog.html

Saat ini saya memiliki dua buku solo. Pertama buku blog untuk guru yang sudah saya sebutkan tadi. Kedua buku aksi literasi guru masa kini baru terbit bulan lalu. Buku kedua ini berisi kumpulan artikel yang berasal dari blog praszetyawan.com dan blog gurusiana. Saya pilih-pilih yang sesuai dengan tema buku yaitu literasi. Sebagian lainnya merupakan tulisan baru yang belum pernah diposting ke blog.

Dalam waktu dekat buku solo ketiga saya akan terbit. Berjudul “Menerjang Tantangan Menulis Setiap Hari” berisi tentang best practice, aktivitas di sekolah, dan opini pendidikan. Tulisan-tulisan itu saya buat ketika mengikuti program tantangan menulis setiap hari yang diadakan gurusiana.

Selain 3 buku solo, saya juga membuat 1 buku antologi cerita mini bersama siswa sekelas dengan tema hobi. 

Semua buku itu Masih saya terbitkan di penerbit indie. Maka dari itu saya masih belajar menulis agar suatu saat memiliki buku yang terbit di penerbit mayor. Inilah buku-buku itu.


Terakhir, saya mau berbagi tips membukukan tulisan yang berasal dari blog.

Tipsnya silakan dibuka di blog saya:

https://www.praszetyawan.com/2020/06/membukukan-tulisan-di-blog.html

SESI TANYA JAWAB

P- Assalamu'alaikum wr wb, Sungguh luar biasa bahasan materi yg bp sampaikan hari ini, dunia IT .
Izin bertanya pa, Saya bu. Titin Sumartini dari Subang.

1.Mengapa kita harus pilih salah satu blogspot atau wordpress, mengapa tidak boleh keduanya? 
2.Karena saya baru juga di dunia blogger, yang di maksud tampilan lama dan baru itu seperti apa? 
3.Menjadi seorang blogger yg sukses butuh berapa lama, hingga dapat menghasilkan rupiah?

J - 1. Oh tentu saja boleh kalau mau coba pakai keduanya. Justru itu menjadi jawaban terbaik dibalik pertanyaan blogger vs wordpress. Usahakan tetap konsisten jika mau mengelola kedua blog itu.

2. Tampilan lama dan baru itu terkait tombol-tombol/simbol-simbol pada fitur blogger yang berubah

3. tidak ada ukuran yang pasti. Tergantung masing-masing individu dan ilmu yang didapatnya . Jujur saja saya sendiri tidak terlalu memperdalam ilmu cara menghasilkan uang dari memasang iklan di blog. Inilah tampilan-tampilan Blognya. Gambar berikut adalah tampilan BARU.


Gambar di bawah adalah tampilan LAMA



P - Ass wr wb. 
Selamat Malam Pak Brian, untuk pemula yang masih belajar apakah harus menentukan sebuah tema dalam penerbitan buku ?
Terimakasih. Dari Aidil Fitriani Tenggarong Kutai Kartanegara.

J- Menurut saya perlu tema/topik utama dalam sebuah buku karena itu yang akan menjadi pedoman menyusun buku. Karena jika tidak dilandasi tema, pembaca akan bingung. Apa yang ingin disampaikan dari buku tersebut.

P- Assalamualaikum ijin bertanya pak.saya Eti Haryati dari Bogor.
Saya baru belajar membuat Blog dikelas ini.jadi masih awam sekali tentang blog.sehingga ketika ingin membuat resume pada akhir kuliah ini selalu terhambat, inginnya membuat resume seperti yg lain lebih bagus,tetapi apadaya ketika belajar memuat Vidio di blog tak kunjung bisa. Berusaha browsing tetapi memakan waktu lama akhirnya resume tidak selesai. Mohon bagaimana caranya supaya saya bisa selalu tetap menulis d blog.karena kalo sudah ketinggalan seperti itu terus terang saya suka dibiarkan tidak dilanjutkan. Terimakasih

J - Jika ada kesulitan teknis seperti itu silakan japri saya bu. Saya ingin peserta grup ini tidak terhambat dalam menulis di blog. Tips dari saya: setidaknya ibu memposting tulisan dahulu. Pernak-pernik seperti gambar dan video bisa ditambahkan di lain waktu karena tulisan yang sudah dipublish, bisa di edit lagi.

P - Saya M. H. Pahdi dr Banjarmasin Gel. 12. 
Bagaimana cara yang cepat agar Blog kita dapat ditemukan di pencarian google?

J - Ada beberapa tips:

1. Buatlah tulisan yang masih jarang di posting oleh web/blog lain. 
2.Mendaftarkan blog ke google webmaster. Ini teknik blog yang lumayan perlu waktu untuk memahaminya. Tapi jika sudah bisa, sangat ampuh langsung memunculkan blog kita di halaman pertama google Di lain waktu saya akan membuat videonya.

P - Selamat malam pak Brian. Perkenalkan Saya Santi dari Jayapura. 
Saya salut dengan cara Bapak menyajikan materi  Tertata dan sistematis. Terlihat bahwa Pak Brian menguasi dunia yg sedang dijalani. Yang saya mau tanyakan:

1.Bapak kan sudah banyak pengalaman ngeblok dan menulis juga menerbitkan buku. Tapi kok masih bergabung juga di group belajar menulis bersama OmJay, apakah karena Bapak pengurus PGRI atau karena apa? 

Mohon dimaafkan jika pertanyaannya tidak berkenan. Karena dalam group Om Jay ini anggota nya buanyaaaak sekali pakar-pakar dalam dunia tulis menulis. Saya jadi minder.

2. Bagaiman bapak mengelolan kelas di tempat bapak mengajar apakah siswanya juga belajar dengan blog saat PJJ masa Covid 19?

Terimakasih. Pak Guru Brian sang Guru Penggerak masa kini. Sukses untuk Pak Guru Brian.

J - 1. Saya ikut grup menulis ini karena memang saya masih belum pernah ikut grup nulis manapun. Saya menulis berdasarkan yang ada dipikiran saya saja. Saya perlu ilmu-ilmu teknik menulis yang memberi saya pencerahan. 

2. iya tentu saja siswa saya belajar lewat blog yang saya buat. alamatnya: 

www.bahastematiksd.blogspot.com. Jangan minder bu. Yang penting tetap menulis

P- Assalamualaikum bapak ibu narasumber, saya atas nama Edi Syahputra.H dari Aceh, sudah menerbitkan buku dua buah, tapi penerbit nya penerbit indie. Apakah bisa kita menerbitkan buku setahun dua buku atau lebih.

J - Iya tentu saja bisa pak menerbitkan sejumlah buku dalam setahun. Jika memang sudah memiliki naskah yang siap diterbitkan. Yang tidak boleh adalah mengirim satu naskah yang sama ke dua penerbit yang berbeda.

P - Selamat malam pak Brian, terimakasih ilmunya.saya Sumarjiyati dr GK.
Saya mengenal blog baru setelah mngikuti pekatihan menulis ini.dan isi blog saya masih campur aduk.mulai dari resume kgiatan kuliah menulis,tentang makanan, tentang kejadian-kejadian yang saya alami selama ini. Yang mau saya tanyakan bagaimana cara memasukan/mengisi blog kita dengan administrasi pembelajaran agar teman-teman dapat mengakses administrasi di blog kita misal RPP dll. Selama ini belum pernah mencoba mengisi dengan file yang berbentuk kolom-kolom misal kisi-kisi soal.atau pengolahan nilai. Terimakasih.

J - Pertanyaan senada dg Bu Marjiyanti, mohon share cara memilah artikel blog sesuai judul besarnyaTks.

Solusinya dengan memposting file microsoft word/excel administrasi tersebut. Caranya bisa lihat video ini:

https://www.youtube.com/watch?v=3JXAjIPmsQ4

Intinya upload dulu file administrasi ke google drive. Lalu pasang file di google drive ke blog.

P - Nama : Sri Budiarti , Dari bantul, Jjogjakarta, Gelombang : 12
Pertanyaan  :  Mengapa Pak Brian lebih memilih ngeblog di blogger,  apa yang membuat Bapak betah ngeblog di blogger. com dari sejak tahun 2009 hingga sekarang?

J - Nah kebetulan memang pertama kali saya diperkenalkan teman saya dengan blog blogger. 

Yang membuat betah itu karena saya sudah terbiasa menggunakan fitur di blogger. Memang ada orang yang awalnya pakai blogger lalu pindah pakai wordpress. Tapi saya masih kaku memahami dan menggunakan fitur yang ada di wordpress.

P- Assalamualaikum, Sy Noorlanyati,  dr Semarang, gel 11. Terima kasih ilmunya pak.  Saya mau tanya:

1. Bagaimana memotivasi diri agar bisa menulis setiap hari.  Tadi dikatakan, sudah siap di sepan laptop tapi ide gak muncul.  Padahal keinginan untuk menulis ada, tapi gak tahu apa yg mau ditulis. 

2. Misal kita punya tulisan di blog yang tidak ada nichenya, lalu kita mau membukukan. Apakah harus  1 buku 1 niche? Bolehkah 1 buku isinya beberapa niche?  

J - 1. Kalau saya motivasinya dilandasi target yang harus dipenuhi. Targetnya adalah blog harus update. Jika target sudah terpenuhi maka kita akan puas/senang. Dan kembali semangat untuk ngeblog lagi di kemudian hari. Terkait ide, tadi saya sudah jelaskan.

2. boleh 1 buku beberapa niche, tapi niche-niche tersebut masih memiliki kesamaan, misalnya niche best practice, opini pendidikan, aktivitasi sekolah, itu semua masih memiliki persamaan yaitu pendidikan.

P - Assalamualaikum, ijin bertanya  Bapa, Saya Kartini dari SLBN Bekasi Jaya.
Apakah sebuah blog itu ada masa berlakunya? Maksudnya jika kita tidak membukanya atau menuliskan sesuatu disana dalam kurun waktu yang lama apakah akan hilang atau tetap masih bisa digunakan?

J -Blog tidak ada masa berlakunya. Misalnya Blog dari 2008 dan sudah ditinggalkan pemiliknya pun masih ada di google.

Tapi yang sering terjadi adalah, pemilik blog lupa email/password akun blognya sehingga blog tidak bisa dipakai. Sangat disayangkan blog terlantar begitu saja. 

P - Selamat malam, terimakasih pak Brian atas motivasi dan inspirasi nya,, perkenalkan saya Sahat Serasi Naibaho dari Sumatera Utara mau menanyakan ttg:

1. Penjelasan lebih jauh tentang Google adsense pak karena saya masih baru mendengar nya.
2. Bagaimana supaya blog kita banyak dikunjungi orang pak, Terimakasih pak

J - 1. Oke saya sharing hal seputar google adsense yang saya tahu. Google adsense akan membayar kita jika ada orang yang mengklik iklan yang ada di blog kita. Jika tidak ada yang mengklik iklan, ada perhitungan kita dibayar berdasarkan seberapa banyak iklan kita dilihat pengunjung. Tapi di awal, bayarannya kecil sekali. Masih jauh lebih mahal parkir motor (Rp 2000) hehe. Dan pencairannya menunggu sampai kita dapat 100 dollar. Entah harus berapa tahun itu menunggunya.

2. Agar blog dikunjungi banyak orang: 

- Share link blog ke medsos
- Bergabung dengan grup blogger, sehingga kita bisa share tulisan kita di grup itu. Contoh grup blogger: Warung Blogger
- membuat tulisan tips/how to yang banyak dicari orang.

P - Bagaimana cara pak Brian mengatasi kesulitan- kesulitan dalam menulis?
J - Saya memiliki kesulitan tersendiri yaitu menyelesaikan tulisan yang sudah saya mulai. Banyak postingan blog saya yang masih numpuk di draft blog. Kalau saya mengatasinya dengan menentukan waktu menulis yang nyaman. Saya tentukan bahwa Sabtu pagi adalah waktu yang paling pas untuk saya fokus menulis

KESIMPULAN

Menulis di blog bisa menjadi modal awal untuk membuat kumpulan tulisan kita menjadi buku. Jangan sampai kesulitan dalam ngeblog membuat kita menyerah menulis. Kita beruntung tergabung dengan grup ini sehingga bisa saling membantu dan mendukung.

Menulislah dengan lepas tanpa beban bahwa apakah tulisan kita sudah bagus atau belum, akan banyak yang baca atau tidak. Hal biasa menurut kita bisa dianggap luar biasa bahkan menginspirasi orang lain. Maka menulislah.

Demikian sharing ilmu dari Mas Brian, Guru muda yang terus menggeluti dunia literasi

Di salin Oleh : NANI KUSMIYATI









11 comments:

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...