Friday, June 26, 2020

Kiat Membangun Branding Melalui Blog dan Media Sosial dengan bapak Namin AB Ibnu Solihin


Pelajaran hari Jumat tanggal 26 Juni 2020 dengan narasumber bapak Namin AB Ibnu Solihin dengan moderator ibu Fatimah dari Aceh.

Bapak Namin AB Ibnu Solihin adalah founder motivator pendidikan yang dapat dilihat di link: motivatorpendidikan.com. Untuk mengenal lebih dekat dengan beliau kita dapat searching nama beliau di Google. Atau bisa buka link berikut ini: 

https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/

Beliau juga telah membagikan secara Gratis lebih dari 250 materi training di slideshare.net, Dilihat oleh lebih dari setengah juta kali dan di download sekitar 7 Ribu kali setiap tahunnya. Linknya sebagai berikut : https://www.slideshare.net/mobile/naminsekolahakhlak

Bapak Namin menjelaskan bahwa beliau bisa berteman melalui media sosial yang dimilikinya di Instagram @motivatorpendidikancom, dan beliau juga membagikan kegiatannya di Channel YouTube Motivator Pendidikan Com.

Selanjutnya bapak Namin mulai membagikan pengalaman dan tipsnya bagaimana membangun Branding melalui Blog dan Media Sosial.

Bapak Namin mulai Ngeblog tahun 2007, melalui blogspot.com, saat itu beliau ngeblog untuk mengisi waktu luang saat istirahat mengajar. Tulisan di Blog juga masih sangat beragam, bahkan lebih banyak curahatan hati.

Lebih dari 10 blog pernah dibuat di blogspot.com, kini semua blog tersebut sudah dihapus semua. 

Hingga akhirnya disekitar tahun 2013  Bapak Namin mengenal guraru.org, sebuah blog yang diisi oleh guru-guru kreatif, diantara para pemenangnya adalah yang sudah mengisi materi sebelumnya yaitu Pak.Agus Sampurno dengan Brandnya Guru Kreatif, Om Jay Wijaya Kusuma dengan Brandnya Guru Blogger dan Bang Dedi Dwitagama.

Keinginan untuk menulis lebih baik lagi, akhirnya ditahun 2013 beliau mengikuti Teacher Writing Camp angkatan ke-3, yang digagas oleh Om Jay dan teman-teman.

Pada tahun 2014 Bapak namin dan Om Jay bersama teman-teman menggagas berdirinya Komunitas Sejuta Guru Ngeblog, pada tahun 2014-2015. Komunitas Sejuta Guru Ngeblog memberikan Pelatihan Guru Ngeblog Gratis bagi guru di Jabodetabek.

Tahun 2014 juga awal mulai membangun Branding lewat blog. Perjalanan Bpk Namin membangun Branding dapat dibaca di profil beliau pada link di atas.

Akhirnya pada tahun 2015 Bapak Namin melaunching www.motivatorpendidikan.com, seluruh konten tulisannya berisikan berbagai jenis program training yang beliau isi.

Sebelum website tersebut di launching, Bpk Namin banyak mencurahkan gagasannya tentang pendidikan di Blog https://motivatorkreatif.wordpress.com

Membangun Branding memang tidak mudah, tapi jika kita sungguh-sungguh Insya Allah ada kemudahan.

Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang dimiliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya. 

Membangun Branding melalui blog juga harus selaras dengan kepribadian kita di Blog, Medsos dan segala aktivitas yang dilakukan.

Menulis konten Blog dengan konsisten pada Branding yang kita miliki adalah kewajiban yang harus ditaati. Kala mau dikenal sebagai pakar pendidikan misalnya, ya sudah konsisten nulis hal-hal yang berkaitan dengan hal tersebut.

Hingga akhirnya ketika orang berbicara "Motivator Pendidikan" mereka, Akhirnya akan mengingat "Namin AB Ibnu Solihin". Demikian contoh yang diberikan Bapak Namin.

Tapi jika ada penasaran dapat mencoba searching di Google beberapa kata berikut ini "Motivator Pendidikan" "Pembicara Seminar Parenting" "Motivator Pelajar". Anda akan bertemu dengan siapa kira-kira? Tentunya kita dapat bertemu Bapak Namin AB Ibnu Solihin dengan berbagai kegiatan yang dilakukan sebagai motivator.

Menulis dan membangun Branding telah mengantarkan Bapak Namin keliling Indonesia. Beliau  telah mengisi training setidaknya dilebih dari 300 lembaga, sejak tahun 2014-sekarang.

Demikian pengantar diskusi yang disampaikan oleh Bapak Namin dan beliau berharap semoga bermanfaat dan tetap bersemangat untuk menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani. 

Dari Cluster Edelweis B Harvest City.

Bapak Namin juga membagikan videonya bagaimana membangun Branding melalui Blog dan Media sosial. berikut videonya:


Berikut link yang Bapak Namin berikan selain video diatas :
https://motivatorpendidikan.com

Juga beberapa link lain, sebagai berikut:

https://www.instagram.com/motivatorpendidikancom/ kalau ini instagram
https://motivatorpendidikan.com/index.php/2015/08/29/profil-namin-ab-ibnu-solihin/
http://membangunpersonalbranding.blogspot.com/2020/06/belajar-menulis-lewat-blog-pribadi.html

SESI TANYA JAWAB

Beberapa pertanyaan yang diajukan peserta diantaranya sebagai berikut:

P - Assalamualaikum, Alhamdulillah bisa bertemu guru+motivator yang luar biasa. Saya ratri dari Samarinda. Saya guru matematika SMA. Bagaimana membuat blog menarik untuk matematika sehingga siswa pada suka matematika?

J - Terimakasih Bu Ratri. Blog yang menarik itu :

Designya simpel, Postingan dipandukan tulisan, video dan gambar.

Karena kita harus memfasilitasi tiga kecerdasan anak yang Visual, Audio, dan Audio Visual maka blog ibu harus berisikan konten tersebut. Butuh perjuangan memang. Maka jangan pernah menyerah untuk belajar.

P - Assalamualaikum, bapak Namin yang saya hormati, setelah saya membaca profil bapak. Masya Allah sangat mengispirasi sekali. Perjuangan bapak dari awal hingga akhirnya menjadi orang sukses, kami sangat salut. Maaf saya atas nama Siti Nurlatifah dari Subang gelombang 12. Izin bertanya.

Mengapa  bapak pernah menghapus seluruh tulisan bapak di blogspot? Namun akhirnya tulisan bapak sekarang begitu luar biasa.Terima kasih.

J - Terimakasih Bu Siti. 
Subang ada Rumah kedua saya, karena Istri saya dan semua anak saya lahir di Subang. Saya tidak hanya menghapus tulisan di Blog tapi juga di Facebook yang pernah saya tulis dimasa lalu. Tujuannya adalah untuk menyelaraskan dengan konten-konten yang kita tulis dimasa sekarang. Saya merasa tulisan saya dimasa lalu baik di Facebook atau di blog tidak pantas untuk dinikmati orang.

P - Assalamu'alaikum, Saya bu Titin dari Subang. Izin bertanya :

1.Mengapa seseorang perlu untuk membranding dirinya sendiri? 

2.Biasanya dalam tim seleksi kepala Sekolah, hal apa saja yg menjadi nilai dari Tim? 

3.Menurut bapak lebih enak mmjadi guru atau seorang trainer/motivator? Terimakasih.

J - Terimakasih Bu Titin.

1. Jika dia punya tujuan untuk dikenal publik, karena agar ilmunya banyak dirasakan manfaatnya oleh orang, maka wajib membranding diri. 

2. Pengalaman saya menyeleksi para calon kepsek yang pertama dinilai adalah: akhlaknya (kepribadiannya), pemahaman ke Islamannya (jika agama Islam), leadership-nya dalam mengelola dan mendidik anak dan istri/suami dan rekannya, kerja nyatanya dimasa lalu, kreativitas dalam mengembangkan sekolah dan SDM,  visi besarnya dan kemampuan problem solving.

3. Saat ini saya menjadi motivator/trainer, tapi jiwa saya adalah guru. Hanya bedanya jika dari tahun 2004-2014 saya lebih fokus mengajar siswa. Nah sekarang semua saya berinteraksi dengan kalangan yang terlibat dalam dunia pendidikan. Semuanya enak.

KESIMPULAN 

Terimakasih Bapak/ibu semua atas diskusi yang menarik pada malam hari ini. 
Teruslah bersemangat untuk memantaskan diri menjadi pribadi yang menginspirasi, menggerakkan dan meneladani. 

Terus belajar dengan banyak sumber.

Banyaklah membaca buku. Karena kita tidak mungkin bisa menulis jika malas membaca. 

Jadilah sebaik-baik manusia yang bisa memberi manfaat untuk banyak orang.

Jika belum paham tentang Branding, tidak usah dipusingkan. Fokus saja menulis sesuai dengan kemampuan kita. Terimakasih, semoga bermanfaat.

Demikian sharing ilmu yang diberikan oleh bapak Namin AB Ibnu Solihin. Semoga kita dapat mempraktekkan ilmu yang diberikan. Amiin

Ditulis kembali : Nani Kusmiyati

5 comments:

  1. Alhamdulilah bnyak ilmu yg kita dapat dr bp namin.. .. Ada vifio nya buk kereen..

    ReplyDelete
  2. Membangun Branding juga harus sejalan dengan kompetensi yang dimiliki. Jangan coba-coba membangun Branding tertentu tapi tidak punya Ilmunya.
    joss

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah. Akhirnya bisa berkunjung. Resume yang ok...

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah. Akhirnya bisa berkunjung. Resume yang ok...

    ReplyDelete

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...