Friday, June 26, 2020

BELAJAR MENDOKUMENTASIKAN SEMUA KEGIATAN KITA MELALUI BLOG



Rabu, 24 Juni 2020 kuliah online dengan nara sumber Bapak Dedi Dwitagama. Yang sebelumnya group 8 juga mendapat pelajaran yang tidak begitu berbeda.

Panggilan akrab beliau adalah Om Dedi, seorang blogger dan youtuber terkenal dengan segudang prestasi dan pengalaman. Beliau juga seorang guru handal di era digital.

Om Dedi mengajar Matematika di SMK 50 Jakarta dan mulai geblog sejak November tahun 2005 di blogspot atas motivasi adiknya Bapak  Agus Sampurno. Hingga Juni 2007 sudah 167 posting.

Beliau hijrah ke https://dedidwitagama.wordpress.com. Karena edisi terbaru pada umumnya memiliki banyak kelebihan dan keunggulan dibanding pendahulunya, sekarang wordpress sudah ada aplikasinya di android dan iphone. Demikian penuturannya tentang WordPress.

Om Dedi ngeblog  untuk mendokumentasikan perjalanan dari Sabang hingga Merauke dan beberapa negara di di dunia. Selama lebih dari 13 tahun ngeblog, sudah menghasilkan lebih dari 4.100 artikel yang dilihat hampir dua juta kali dengan pengunjung hampir 600.000.

Apa itu Blog ?


Blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang-orang sedunia.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs sebelum akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Manfaat Blog.

Manfaat blog yang paling utama adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide, keresahan, atau apa saja yang bisa disampaikan sevara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau yang tak bisa disampaikan pada siapapun.

Tips untuk konsisiten menulis di blog.

Salah satu tips untuk konsisten dalam menulis adalah menulis saat ide itu muncul dimana pun berada. Seperti saat menunggu anak sekolah, sambil mendengarkan musik, menulis dengan menggunakan HP, tanpa diedit langsung ditayangkan. 

Untuk memunculkan kalimat utama yang menarik perhatian, menulis langsung ide tulisan pada kalimat pertama dan dijabarkan dengan uraian yang diperlukan. Jika bisa disertai dengan gambar atau video untuk lebih menarik. 

Tips untuk meningkatkan kualitas isi tulisan sebenarnya mudah, hanya  dengan usaha utuk sering menulis. Dengan pengalaman menulis secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan. Sebagai pembandingnya bisa berkunjung ke blog teman. Balas komentar pembaca blog kita, hal itu akan meningkatkan motivasi menulis lagi dan buat bahagia. 

Supaya blog banyak pegunjungnya, kita harus megunjungi blog orang lain, memberi komentar dan membalas komentar di blog kita. Follow blog orang dan dia jadi follow kita demikian sebaliknya.

Masing-masing penulis memiliki cara tersendiri dalam mengembangkan tulisannya. Untuk guru Bahasa Indonesia, wajarlah mengerti dan paham aliran-aliran  sebuah tulisan. Tapi bagi guru eksak, ada kecenderungan asal menulis apa yang mau ditulis. Mau bagus atau jelek, biarkan pembaca yang akan menilai.

Blog itu seperti majalah atau rumah kita, apapun boleh kita isi tetapi jika kita memiliki blog di kompasiana.com sebaiknya posting di kompasiana dulu baru kopi paste di blog" lainnya,  karena kompas punya sistem yang bisa tahu tulisan kita sudah tayang di tempat lain, dan itu bisa membuat kita di suspen.

Tulis pertama kali, atau terakhir sebelum uplod. Gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel, silahkan lihat posting lengkapnya di https://dedidwitagama.wordpress.com.

Tulisan kita di blogspot bisa di impor ke wordpress.Tulis apa saja kegiatan kita walau mungkin menurut kita tidak berguna atau kurang bernilai namun bagi orang lain itu sangat luar biasa. Tulisan kita di blogspot dijadikan sebagai inspirasi, tulis lagi dengan perluasan dan bumbu-bumbu agar lebih menarik, tayangkan di kompasiana.

Untuk Menulis di kompasiana syaratnya simple saja hanya email, isi biodata, masukan foto dan  langsung nulis.

Pada umumnya tulisan blog Om Dedi  terdiri dari 3 alinea, kadang hanya satu alinea melengkapi satu foto saya, berikut contohnya: 


Rahasia yang dimiliki Om dedi yang nampak santai di tengah kesibukannya yaitu : serius tapi santai, agar fokus, tetapkan tujuan kegiatan,. Jalan dan terus jalan menuju tujuan yang diinginan, jika lelah beristirahat, jika sedang fit boleh berlari nanti akan sampai pada tujuannya.

Langkah-langkah menerbitkan buku yang menarik :

1. Kumpulkan tulisan anda dari blog.
2. Kelompokkan tulisan berdasarkan tema.
3. Konsultasikan dengan editor atau pihak penerbit, anda akan mendapat saran dari mereka agar buku anda menarik buat dibaca sehingga dapat diterbitkan.

Buku menarik itu sangat subjektif, tempatkan diri kita sebagai pembaca buku yang kita tulis. Amati apakah tulisan kita menarik atau tidak, awab sendiri secara jujur. Minta tolong teman atau keluarga untuk menilai, perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan.

Cara mendokumentasikan foto atau gambar dalam blog.

Memasukkan gambar ke dalam posting adalah aktivitas yang paling sering dilakukan ketika kita membuat sebuah artikel, maka mengetahui proses yang benar dalam meng-upload/mengunggah sebuah gambar kemudian memasukkannya ke dalam posting adalah hal yang dirasa sangat penting.

Tiga Cara Mudah Memasukan Photo dalam Blog WordPress!

1. Upload gambar yang baru dari komputer (From Computer),

2. Dari gambar yang telah di upload ke image hosting yang lain di internet (From URL) seperti tinypic.com, photobucket.com.

3. Melalui Media Library atau gambar yang telah diupload sebelumnya maka tidak perlu mengupload gambar baru.

Cara memposting sebuah Foto kedalam artikel.

Berikut langkah-langkah untuk mengupload gambar dari komputer :

1. Di bagian paling bawah kotak posting, klik menu “Browse” –> pilih foto/gambar/image di komputer.

2. Klik icon atau tool Add image.

3. Akan muncul kotak untuk upload, Klik tombol Select Files, pilih gambar dikomputer anda yang ingin diupload. Silahkan Upload dan tunggu sampai proses upload selesai. 

Kasih judul dan deskripsi di menu “Judul” dan “Deskripsi” –> ini tidak wajib, cuma menambah visibilitas di search angine.

4. Setelah muncul foto atau gambar berhasil di upload, arahkan mouse ke kotak posting bagian mana foto akan ditempatkan. 

Klik di bagian kiri atas,  anda bisa mengisi title (judul gambar), Alternate Text (alt text), Caption gambar, Serta mengatur alignment (letak posisi penyimpanan gambar pada artikel) dan juga ukuran gambar. Apabila semua telah diatur, silahkan klik tombol Insert Into Post.

5. Kembali ke foto, klik menu “Kirim ke editor” atau “Send to editor”

6. Klik menu “Kode” atau “Code” dan tambahkan kode berikut di akhir link sebelum kode … /> : border=”0″ style=”float: left; margin: 0px 10px 10px 0px”

7. Klik menu “Visual” untuk melihat hasilnya. Kalau puas, klik “Tampilkan” atau “Publish”
Kini gambar telah masuk ke artikel anda dan siap untuk di publikasikan.

8. Selesai.

Link dapat dilihat dibawah ini, kemudian ikuti langkahnya:


Kita juga bisa dokumentasikan kegiatan kita di chanel youtube. Berikut contohnya, saya menjumpai anak"sedang berlatih tari ratoeh jaroe, divideokan, upload di youtube https://youtu.be/NcvZt-0SJ4k,

Beri keterangan satu alinea upload di blog, puluhan tahun yad, anak-anak itu akan bahagia luar bisa melihat wajahnya saat di SMK.

Cara  menumbuhkan rasa Cofidance.

1. Persiapkan materi yang diminta penyelenggara, 
2. Paparkan materi yg kita kuasai, siapkan slide, dilengkapi foto dan video pendukung, 
3. Berlatih di depan kaca atau teman dan keluarga,
4. Jangan pernah menolak jika diminta presentasi.

KESIMPULAN

Manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain, peribahasa GAJAH MATI MENINGGALKAN GADING, HARIMAU MATI MENINGGALKAN BELANG. kedua point itu bisa diaplikasikan lewat media Blog yang sekarang bisa kita kelola menggunakan HP apalagi kemudian bisa membuat kita dikenal orang dan diundang kesana-kemari, dan dibayar pula. Menulis di blog, mendokumentasikan apa saja yang terlintas, nikmati hasilnya kemudian.

Demikian pelajaran dari Om Dedi. Semoga kita dapat mengaplikasikannya.

Ditulis : Nani Kusmiyati





















2 comments:

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...