Saturday, June 13, 2020

KECIL NAMUN BERMANFAAT


By NANI KUSMIYATI

Saya menemukan gambar TAG diatas dari kiriman salah satu siswa bahasa Inggris di Institusiku. Saya rasa TAG itu mungkin dikirim dari WhatsApp group lain atau mungkin dari temennya. Terima kasih kepada yang telah mengirimkan TAG manis itu yang mengingatkan hal-hal kecil disekeliling kita. Setiap hari benda kecil itu selalu ada di kotak pensilku bersama-sama teman-temannya, penghapus, pena, correcting pen, gunting kecil. Namun aku tidak pernah menyadari kalau  benda kecil itu sangat-sangat bermanfaat dalam kehidupanku sehari-hari. Memang saat ini adalah era digital, sehingga keberadaan benda kecil itu dan teman-temannya sedikit terlupakan namun tetap ada. 

Masih teringat kenangan masa kecilku, benda-benda itu sangat langka untuk dapat memilikinya. Hanya orang-orang dengan kelas menengah ke atas yang punya. Namun aku masih memiliki teman-teman yang baik, yang sering meminjamkannya kepadaku. Bahkan memberikanku sebagai hadiah. 

Hadiah itu kudapat karena hari khusus di ulang tahunku dari teman-teman sekelas,.rasanya senang banget mendapatkan benda kecil berwarna biru dan teman-temannya yang semua biru. Ayah ibuku tidak merayakannya dengan memberikan hadiah, namun membuatkan bubur merah dan putih. Merah dari gula aren bukan merah seperti bendera kita. Saya tidak tahu apa makna dari warna merah putih untuk bubur ulang tahunku. Kata ibuku, dibuatkan bubur merah putih supaya aku selalu sehat dan dalam lindungan Allah SWT. Nah disitu biasanya ibu memintaku untuk mengirimkan bubur merah putih ke tetangga-tetangga juga mengundang teman-teman SD ku untuk makan bubur bersama. 

Benda kecil unik, yang kita sebut pensil itu sangat berkesan karena nilai history nya bersama-sama temanku dan mungkin saat ini sudah menjadi biasa keberadaanya bagi kita . Kadang kita selipkan ditas entah disisi mana dari tas dan kita bawa ke kantor. Dan anehnya pensil itu sering menghilang ketika kita taruh diatas meja. Ketika aku hendak menggunakannya, pensil itu sudah gak ada. Sering kita bertanya, dan membuat pengumuman,"Halo..halo..siapa yang lihat pensil diatas mejaku ya?"Salah satu temanku menyeletuk,"Aku sih lihat,.. tadi diatas meja dekat vas bunga kan?" Aku mengangguk. Dan dia melanjutkan penjelasannya,"Sepertinya ada yang pakai, tapi aku lupa, siapa ya?" dia balik bertanya. Hahaha, sontak aku tertawa,.It's Ok,..thanks ya atas penjelasannya. " kataku lagi. Akhirnya aku pesan salah satu anggotaku untuk beli satu kotak pensil. 

Saya tidak tahu mungkin pensil-pensil itu akan hilang lagi keesokan harinya. Tapi tidak mengapa aku masih punya cadangan banyak. Hingga pagi itu aku terkesima dengan singkatan dari pensil yang dalam bahasa Inggris kita menyebutnya :"PENCIL'. Ini dia kepanjangannya, 'PERSONAL NON- COMPUTERIZED INFORMATION LIFESAVER" atau dalam bahasa Indonesianya menurut google translate (aku sering menyebutnya dengan mbah google) : PENYELAMAT INFORMASI PRIBADI TANPA KOMPUTERISASI.

Nah tambah satu pengetahuanku, terlepas benar atau tidak, yang jelas menurut persepsiku itu benar. Dan bagaimana menurut sahabat literasiku?
  

8 comments:

  1. Jadi membangkitkan kenangan. Ketika kecil dulu, pensil yang udah pendek sekali disambung tutup pena agar bisa digunakan.

    ReplyDelete
  2. Mbk nani memang bener2 seorang mayor sejati...senantiasa teliti..dan hati- hati...barang kecil yang dirasa tak berarti ternyata senantiasa tersimpan rapi...karena akan menjadi ujung tombak tuk menggoreskan cerita hati

    ReplyDelete
  3. Mbk nani memang bener2 seorang mayor sejati...senantiasa teliti..dan hati- hati...barang kecil yang dirasa tak berarti ternyata senantiasa tersimpan rapi...karena akan menjadi ujung tombak tuk menggoreskan cerita hati

    ReplyDelete
  4. Oooh hebat ingat saya waktu SMP pasti butuh 2 b.waktu ujian nasional. UMPTN. Bahkan ada yg dibawa ke dukun katanya 2b nya utk msk PTN. Hahaha. Y guyon

    ReplyDelete
  5. Omjay baru tahu setelah menginjak usia 50 tahun hahaha. Telat ya?

    ReplyDelete
  6. Beneer skli ibuk.. Pencil itu bgitu berharga..dan bnyk mmbawa knangan indah dlm perjlanku sampai detik ini..

    ReplyDelete
  7. Wow, benda kecil tp sgt bermanfaat. Mmg akhir2 ini sering kita abai. He333 pas nyari tak ada. Pas tak dicari numpuk

    ReplyDelete

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...