Wednesday, May 13, 2020

Pengenalan Cisco Webex

Senin, 11 Mei 2020

By Nani Kusmiyati
 10 kelebihan dan kekurangan cisco webex yang harus diketahui

Pembicara : Bapak Eka Septian Singgih
Moderator  : Ms Kartika Paramita
Topik : Pelatihan Menggunakan Cisco Webex Untuk Pengajaran Jarak Jauh.

Nama Perusahaan : PT. Shakta Vidia Solusi.

Dimasa pandemi Covid-19 ini banyak institusi baik institusi business maupun pendidikan menggunakan media live conference untuk mempermudah berkomunikasi, mengajar atau meeting. Hal ini juga sesuai himbauan pemerintah agar menjaga jarak atau social distancing. Cisco Webex adalah salah satu aplikasi live video yang banyak diminati selain Zoom atau MS Teams. Cisco Webex menjadi lebih popular karena karena dianggap media yang aman digunakan. Pada saat bertatap muka langsung peserta atau guest dapat juga chat langsung untuk berkomunikasi. 

Cisco Webex, perusahaan asal Amerika yang menjual aplikasi Web Conference dan Video Conference. Perusahaan berdiri pada tahun 2007 setelah Cisco System mengakuisisi Webex. Kantor perusahaan bertempat di Milpitas California.  Garis Besar tentang cara penggunaan Cisco Webex dijelaskan oleh Ms Kartika. 

Bapak Eka Septian Singgih sebagai pembicara utama atau narasumber menjelaskan cara penggunaan Cisco Webex secara detail. Untuk memudahkan komunikasi dengan narasumber, peserta menggunakan chat untuk mengirimkan beberapa pertanyaan dan dijawab oleh narasumber secara gamblang. Beberapa kelebihan dari Cisco Webex yaitu, Jumlah peserta meeting tidak terbatas bisa ribuan jika berbayar, dan jika tidak berbayar mampu menampung 100 orang pesera dalam sekali meeting. Tidak ada limit durasi selama meeting jika berbayar. Jika  free durasi meeting terbatas.  

Beberapa kelebihan Cisco Webex diantaranya:
1. Kualitas Video HD. Aplikasiini memberikan layanan kepuasan kepada penggunanya dengan tampilan HD (High Definition), kualitas video bagus atau jelas karena berpixel tinggi. Sehingga para pengguna Cisco Webex akan nyaman dan tidak terganggu dengan tampilan yang buram.

2. Mobile Friendly. Cisco Webex merupakan aplikasi video conforence yang mudah digunakan karena tidak memerlukan registrasi yang rumit yang dapat menyita waktu. Yang terpenting penggunanya harus memiliki akun gmail. Aplikasi ini dapat digunakan untuk berbagai tipe smartphone yang memiliki aplikasi video conference. Sehingga akan mudah digunakan dimana saja.

3. Mudah membagikan layar ke setiap pengguna Cisco Webex. Aplikasi ini sangat fleksibel dalam membagikan video atau tayangan langsung, dan para peserta di dalam meeting juga dapat mengirim pesan melalui dengan mengetik langsung di bagian chat.
4. Adanya Fitur Google Assistant. Cisco Webex Meeting menyediakan fitur perintah suara dengan Google Assistant dan Google  Home Hub untuk memudahkan berbicara dan mencari sesuatu. Ketika akan mencari sesuatu cukup berbicara dan informasi akan didapat dengan mudah.
5. Tata Letak VIdeo yang dapat disesuaikan dengan keinginan pengguna. Aplikasi ini memiliki fitur pengaturan tentang tata letak tampilan video. Pengguna dapat mengatur letak video di berbagai layar tampilan dengan mudah.Tampilan video dapat diperbesar dan diperkecil. 

Kekurangan Cisco Webex : 

Disamping kelebihan yang dimiliki Cisco Webex, namun terdapat kekurangannya juga yaitu lebih banyak menghabiskan kuota intenet hampir sama dengan aplikasi-aplikasi lain. Sebagai solusinya harus memiliki wifi. Dan apapun medianya yang akan digunakan untuk video conference tetap mengandalkan jaringan internet. Namun,  Cisco Webex adalah beberapa pilihan yang perlu dipertimbangkan untuk digunakan untuk memudahkan penggunanya melakukan berbagai aktivitas daring. 

Didalam diskusi tanya jawab, dapat disimpulkan jika kita menjadi host sebaiknya menggunakan laptop karena lebih nyaman dibandingkan menggunakan mobile phone (HP). Laptop lebih mudah untuk menampilkan PPT dan dapat melihat peserta lebih terang dan lebih banyak. Cisco Webex yang berbayar dapat menjangkau peserta lebih dari 100. 

Demikian yang dapat dirangkum, semoga bermanfaat.

Ref 







4 comments:

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...