Monday, April 13, 2020

The First Day of Teaching (Momen Spesial)

The First Day of Teaching


Guru yang Selalu Memberi Motivasi dan Support - Citizen6 Liputan6.com



Bell berbunyi sekali, aku bergegas menuju lorong lantai dua, aku lihat di white board jadwal mengajar guru Intensive English Course Level Elementary hingga Advance. Kebetulan aku sebagai wali kelas Elementary 1 (E1). Saat itu adalah hari pertama setelah calon siswa dari seluruh Angkatan memenuhi syarat dan lulus test. Ketika aku sedang membaca jadwal pelajaran untuk mengajar dan jam keberapa seluruh wali kelas harus masuk untuk memberi briefing, tiba-tiba seorang perwira muda berbaju hijau menghampiriku dan bertanya,' San di kelas E1 juga? Sama dong,.kenalkan saya Andi, sambil mengulurkan tangannya, aku sedikit terkejut dan saya terima jabat tangannya dan berkata,"Oh ya..! Kenalkan nama saya Jasmin, dalam hati aku ingin tersenyum. Kemudian aku permisi untuk kembali ke ruangan untuk mengambil buku. Ketika aku melangkah, Andi bertanya lagi,Mbak, office nya disini ya?' Aku mengangguk. Masih terlihat dimatanya ada banyak pertanyaan yang belum diutarakan. Nanti diskusi lagi ya Mas Andi. Oke..Oke..mbak,..maaf mengganggu." Aku hormat dan melambaikan tanganku sambil menuju ruangan kantor.

Bell kedua berbunyi, seluruh siswa sudah masuk di ruangan masing-masing, termasuk murid di kelasku, E1. Dengan langkah kecil-kecil dan cepat aku memasuki kelas dan say hello, kepada seluruh siswa baru. "Hi everyone, good morning!.. Dengan serempak mereka menyambut ," Good morning ma'am. Aku berhenti sejenak dan melihat sekilas seluruh siswaku,.wow coll ,12 students,.lumayan banyak untuk kelas intensif English Course. Karena idealnya maksimal 8 orang untuk segera bisa berbicara bahasa Inggris. Kemudian aku memperkenalkan diri sebelum mengajar. Young officer Andi yang baru aku kenal sebelum masuk ke kelas, sedikit kikuk untuk memperkenalkan diri. Kemudian dia info ke teman-teman barunya tidak menyangka klo aku adalah gurunya. Dia menambahkan, "ibu Jasmin saya pikir teman kita sekelas,'' wah ternyata guru kita. Sontak seluruh kelas jadi ramai dan tertawa. Diakhir perkenalannya Andi meminta maaf. 

Saya tersenyum- senyum dan berkata, no Worries Andi, ..kita disini belajar bersama. Kami sepakat selama pelajaran seluruh peserta harus menggunakan bahasa Inggris, dan kami sudah menyiapkan fine box (box denda) bagi yang berbicara selain bahasa Inggris, dan selama pelajaran 45 menit, box sudah terisi 1/4. Aku memaklumi karena level kelasku adalah Elementary. Dan selama 45 menit, aku perhatikan Andi belajar sungguh-sungguh dan sedikit menjaga jarak dan sangat hormat kepadaku.

Bell berbunyi untuk istirahat. Dan kuucapkan salam,.Well everyone, I am glad to be with you this morning and see you tomorrow. ' 

Serentak mereka menjawab, Bye ma'am.' Kulambaikan tanganku seraya meninggalkan kelas.




1 comment:

  1. Waaw...keren bu. Kayaknya seneng ya diajar b inggris sama ibu, ajarin ya bu. Saya ga bisa bahasa inggtis

    ReplyDelete

NYANYIAN ALAM

  pexels-alex-azabache-3214944 NYANYIAN ALAM   Deburan ombak Desiran angin Gemerisik daun kering Berpadu indah menenangkan hati ...