Tuesday, April 14, 2020

Meluruskan Niat Menerbitkan Buku Satu (materi kuliah dari OM JAY)


Meluruskan Niat Menerbitkan Buku Satu.
Narasumber : OM JAY, GURU BLOGGER DAN YOU TUBER TERNAMA
Sabtu, 11 April 2020.
By Nani

Mengenal sosok Wijaya kusumah: Seorang Blogger, Penulis, Motivator ...

Beberapa materi yang telah kami terima selama mengikuti group WA Belajar menulis yang ke 8 yang diselenggarakan oleh OM Jay Guru Blogger ternama yang selalu menyemangati, mengingatkan dan menghadirkan para narasumber yang professional, bersahabat dan friendly yang sesekali ada gurauannya pada saat menyampaikan materinya.

OM Jay sebagai Guru Blogger yang ternama berpenampilan sederhana, suka tersenyum dan kalem. Memang kami tidak bertemu langsung, namun kami dapat menilai ketika beliau mengajar di You Tube. Beliau juga selalu mencoba teknik daring via banyak media, seperti Zoom yang sering beliau praktekkan, walaupun saya tidak ikut sering berinteraksi dengan beliau via Zoom karena kegiatan yang tidak mengijinkan saya untuk mengikuti perkuliahan dengan Zoom. Seperti OM Jay sampaikan WA untuk sementara adalah media termudah dan tercepat untuk berinteraksi maupun untuk belajar. Jika kita tidak dapat mengikuti kuliah, kita bisa scroll ke pesan-pesan sebelumnya.

Berbagai pengalaman yang dimiliki OM Jay ditularkan kepada kami dan terutama bagaimana menjadi blogger ternama seperti beliau dan bagaimana untuk segera menerbitkan satu buku.

Hal ini telah menginspirasi saya sebagai pengajar Bahasa Inggris di Angkatan. Semenjak saya mengikuti group menulis ini, saya mewajibkan siswa saya untuk mengetik pelajaran dan mengerjakan tugas mereka di blog mereka. Dan seperti Om Jay ajarkan, saya mewajibkan siswa untuk visit ke Blog teman-temannya dan memberikan komentar. Memang tidak mudah sebagai pengajar untuk menggerakkan siswa untuk membaca blog orang lain dan memberikan komentar. Bukan karena mereka malas namun mereka masih dalam taraf menulis atau mengerjakan tugas di Blog mereka masing-masing.

Demikian juga dengan pengajar untuk bersikap adil menyempatkan waktu untuk membaca blog seluruh siswanya tidaklah mudah. Padahal siswa saya hanya 24 orang. Saya butuh seharian untuk membacanya dan memberikan komentar berupa saran perbaikan. Saya biasanya memberikan saran jika ada konteks yang dibuat siswa yang tidak nyambung dengan instruksi yang saya berikan. Karena mereka belajar bahasa, saya biasanya juga member masukan di pilihan kata yang tepat, spelling dan grammar. Nah saya percaya setiap guru memiliki cara masing-masing untuk member komen kepada siswanya. Ada kalanya guru tidak enak untuk mengungkapkan yang sebenarnya. Namun koreksi perlu disampaikan.

Jika kita membayangkan betapa sibuknya Om Jay sebagai penyelenggara untuk membaca blog kita yang terdiri dari ratusan peserta dan artikel yang dibuat, pastilah kami memaklumi Om Jay tidak ada waktu untuk dapat membaca semuanya.

Saya sangat terkesan dengan motto Gajah Mati meninggalkan Gading, Blogger mati meninggalkan posting.  Ide membangun kita dapat kita tuangkan disini. Ilmu bermanfaat yang kita share selamanya akan dimanfaatkan oleh orang lain.

Di dalam Slide Om Jay juga menyebutkan tentang 5 K yang mempengaruhi dunia yaitu Kontekstual, Konvergensi, Konten Kreatif, Kolaborasi, dan Konektivitas.

Di slide selanjutnya Om Jay, menampilkan tentang 4 kekuatan manusia :
1. Pikiran, 2. Perkataan, 3. Perasaan, dan 4. Perbuatan.

Dan dikutip dari Abi Bin Abi Thalib : “Ikatlah Ilmu dengan menuliskannya.”

Beberapa buku yang pernah di tulisnya:

“Menulislah Setiap Hari dan Buktikan Apa yang terjadi.”
“Menjadi Guru Tangguh Berhati Cahaya.”
“Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.”
“Catatan Harian Seorang Guru Blogger.”
“Blogger Ternama ( Jadilah Blogger Terkenal di Era Digital Dengan Ketrampilan Menulis .”

Dan masih banyak lagi.

Menurut Om Jay, Kuatkan dan luruskan niat anda untuk menulis. Berbagi ilmu melalui tulisan akan dapat dinikmati orang banyak dan juga sebagai catatan harian kita. Dengan niat yang kuat kita akan dapat memfokuskan diri untuk mencapai tujuan kita yaitu menerbitkan satu buku. Jadwal untuk menulis haruslah dibuat dan kita harus disiplin dengan jadwal tersebut. Jangan ditunda-tunda untuk menulis. Inilah kesempatan kita untuk menuangkan buah pikiran kita bagi diri kita dan orang lain.

Didalam menulis ekspresikan hal-hal yang bermanfaat bagi pembaca. Sehingga apa yang kita tuliskan tidaklah sia-sia. Pada awal menulis mungkin tidak sempurna, namun lambat laun tulisan itu akan bagus sendiri seiring pengalaman kita menjadi menulis. Menulis adalah proses panjang yang perlu dilatih.

Teori yang diberikan oleh narasumber dan OM JAY, mulailah diterapkan dari sekarang.

Demikian yang dapat saya rangkum dari kuliah OM JAY dan saran-sarannya setiap hari, setiap menit melalui group WA kita.

Semoga bermanfaat.

CC. Wijaya Kusumah (Om Jay)
Twitter/IG @wijayalabs 

http://wijayalabs.com

4 comments:

  1. Menulislah setiap hari dan buktikan apa yg terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap Om Jay, kami berusaha menulis setiap Hari walau belum. sampai selesai. Yang sekarang sdg ada diangan2, menulis cerita ttg buah kurma,dll, hahaha ternyata masih banyak y

      Delete

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...