Tuesday, April 14, 2020

Resume pelajaran Dr. Jejen Musfah, M.A. (Menulis Artikel di Majalah PGRI)


Menulis Artikel di Majalah PGRI
Bapak Dr. Jejen Musfah, M.A. Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI.

By Nani Kusmiyati

Pendidikan Nirketeladanan | Koran Sindo | Sumber Referensi Terpercaya

Narasumber,  Dr. Jejen Musfah, M.A. adalah
1. Dosen dan Ketua Program Magister Manajemen Pendidikan Islam FITK UIN Jakarta,
2. Penulis Buku,
4. Penulis Opini Pendidikan,
5. Pemimpin Redaksi Majalah Suara Guru PB PGRI,
6. Sekretaris Departemen Pembinaan Mental dan Spiritual Pengurus Besar PGRI,
7. Tim Ahli Perubahan RUU Guru dan Dosen DPD RI 2018. 

Beliau banyak menulis dan buku-bukunya membahas tentang agama dan ke Tuhanan seperti : (1) Doa Ajaran Ilahi, bersama A. Masykur, Hikmah: 2000, (2) Bahkan Tuhan pun Bersyukur, Hikmah: 2003., (3) Rindu Kematian, Hikmah: 2003, (4) Tuhan Tak Pernah Memaksa/ Shifât Al-Âmir bi Al-Ma’rûf wa Al-Nâhi bi Al-Munkar (Penerjemah), Hikmah: 2004. dll. 

Juga tentang kompetensi guru dan manajemen, dalam bukunya : (1) Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar (Disertasi), Kencana: 2011. (2) Analisis Kebijakan Pendidikan; Mengurai Krisis Karakter Bangsa, Prenada: 2018. (3) Manajemen Pendidikan; Teori, Kebijakan, dan Praktik, Kencana: 2015. (4) Manajemen Pendidikan; Aplikasi, Strategi, dan Inovasi, Prenada: 2018.

Opini-opini di Koran : Republika, Koran Sindo, Jawa Pos, Media Indonesia, Go Cakrawala, Amanah, Radar Bogor dan Detik.com.  

Artikel-artikel yang pernah ditulis beliau lumayan banyak, diantaranya: 

(1) The Implementation Of Teachers’ Professional Education (Ppg) Program For Islamic Education At Uin Syarif Hidayatullah Jakarta, Penamas, Volume 30, nomor 3, 2017, blob:http://blajakarta.kemenag.go.id/1b1a8055-fdec-4370-98ae-6498dab7c180; 

(2) School of master teacher (smt) training: developing teachers pedagogic competence, tarbiya: journal of education in muslim society, volume 5, no. 2, December, 2018,
http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/tarbiya/article/view/10622

Dan masih banyak lagi.

Detail tidak dapat kami ceritakan. Untuk mengetahui lebih jauh tentang narasumber silakan melihat link berikut :

Email: jejen@uinjkt.ac.id; FB: jejen musfah II; IG: jejenmusfah_; Website: jejen.lec.uinjkt.ac.id.

Seperti biasanya Om Jay membuka kuliah dengan salam,
Malam ini kita akan mendapatkan materi tentang menulis artile di Majalah Suara Guru PB PGRI yang akan disampaikan oleh Bapak Doktor @+62 812-2238-0111 , beliau adalah pemimpin redaksi majalah suara guru PB PGRI yang majalahnya terdistribusi ke seluruh Indonesia.

Selanjutnya Om Jay mempersilakan narasumber untuk memulai kuliahnya.

Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yg terjadi. Artinya opini tdk akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta pendidikn selalu hadir. Tapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi. Mungkin bisa diceritakan terlebih dahulu mengapa ada majalah suara guru di PB PGRI?

Guru adalah praktisi. Majalah yang setua PGRI sendiri. Sudah puluhan tahun tulisan dapat dimuat di online dan offline. Cetak 5000 eksmplar dan dibagikan ke hampir 34 provinsi dengan Rubrik yang beragam sebagai yaitu : Opini, Resensi, Sastra, Destinasi, dll. Saya rasa itu pengantarnya.

Beberapa Pertanyaan telah dilayangkan para peserta dijawab dengan singkat dan jelas.

Tanya jawab tersebut dapat saya rangkum sebagai berikut:

Syarat kita bisa mengirimkan artikel ke redaksi majalah guru yaitu dengan Menyebutkan status dan foto. Tulisan bisa sesuai rubrik di atas dan diutamakan bidang pendidikan dengan isu-isu yg hangat. Sampai saat ini jujur saja masih kekurangan naskah berkualitas. Cenderung diterima dengan editing redaktur. Namun naskah yg masuk juga minim. 

Tidak ada honor bagi penulis yang mengirimkan tulisan di majalah suara guru PB PGRI. Sempat ada honor. Jika keuangan memadai ke depan akan dibayar.

Seseorang boleh mengirimkan artikelnya lebih dari satu tentang pendidikan yang mutakhir.

Opini tidak mengandung syara, untuk sastra bentuknya daapt berupa karya sastra atau teori dari karya sastra.  Opini maksimal 1000 kata yang dapat dikirim. 

Tatacara atau aturan khusus tentang tulisan (ukuran dan jenis huruf,  pengaturan halaman dll) agar tulisan bisa diterbitkan. RUSMIN  (G8-017) adalah bebas.

Tidak ada biaya yang dipungut atau free jika mengirim artikel ke Suara guru PGRI.

Contoh majalahnya dalam bentuk PDF dapat dilihat di web :

Artikel yang sudah dimuat baik secara online di website PGRI dan di majalah PGRI tidak boleh dikirimkan ke media cetak lain.

Setelah naskah dikirim  penerbiatan kalau online dalam hitungan jam untuk diterbitkan sedangkan untuk Majalah 2 bulan sekali.

Kiita bisa tau kalau naskah kita sdh diterbitkan dapat dilihat di web atau dikirim link nya oleh tim.

Artikel atau opini pendidikan yg akan diterbitkan terlebih dahulu melalui seleksi. Tata caranya dapat dipelajari di web narasumber.

Dengan terbitnya majalah PGRI suara guru di seluruh Indonesia tidak terwakili karena terlalu luas namun kebijakan nasional ter-cover. Maka bapak ibu daapt mengirimkan kegiatan dengan menginfo ke narasumber.

Rubrik puisi atau cerpenting (cerita pendek tidak penting/cerita pendek humur) boleh dikirim.

Jika sekolah ingin berlangganan Majalah PGRI (Pusat) dapat melalui email dan sekolah tersebut akan dihubungi staf.

Agar artikel dapat di katakan bagus apabila intinya gagasan orisinil dan bukan plagiat. Agar dapat menulis artikel dengan baik harus sering membaca opini-opini dari surat kabar nasional.

Naskah yang dikirim berupa word. Artikel atau naskah yang dikirim diutamakan pribadi atau single.

Tidak ada persyaratan khusus untuk penulisan artikel di majalah PGRI.

Persyaratan sebuah artikel agar dapat dinilai dalam Dupak Guru untuk kenaikan pangkat, jika opini masuk pengabdian. Tapi kalau artikel ilmian masuk di jurnal Ilmiah. Jika sudah masuk jurnal pasti dinilai. Tinggal level jurnalnya sinta 1 . 2. 3 atau 4.

Kiat- kiat agar kita mau dan mampu membuat artikel yaitu tuliskan, jangan takut buruk. Baca-baca opini di koran nasional atau detik.com. Penulis yg baik berarti pembaca yang baik.

Hasil penelitian pendidikan tidak dimuat di suara guru atau majalah PGRI namun dimuat ke jurnal PGRI.

Masih banyak pertanyaan yang disampaikan para peserta langsung ke narasumber. Namun karena keterbatasan waktu pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab langsung ke penanya.

Demikian yang dapat saya rangkum dari kuliah malam ini. Semoga bermanfaat. 





-

5 comments:

  1. Good job !
    Would you visit my resume please
    https://wijiindayat.blogspot.com/2020/04/menulis-artikel-di-majalah-suara-guru.html
    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks bu, iya nanti saya visit ke blog ibu ya

      Delete
  2. cepat sekali tugasnya siap...sukses ya teman

    ReplyDelete
  3. web bloger jadi resume kuliah, good idea mbak
    tetap semangat kejar terus desertasinya, semoga sukses mbak

    ReplyDelete

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...