Wednesday, July 1, 2020

MENGELOLA SEKOLAH DI ERA COVID-19 DENGAN IBU DRA BETTI RISNALENNI M.M

Salam selalu diucapkan oleh penyelenggara kemudian kegiatan perkuliahan dipandu oleh moderator, ibu Fatimah dari Aceh.

Sebelum pelajaran dimulai, kami menonton video yang dikirimkan oleh ibu Betti kepada peserta belajar menulis dan menyimak cerita yang ada di dalamnya.


Ini adalah video aktifitas KBM di era new normal. Langkah-langkah yg harus ditaati pada saat berada di sekolah sesuai protokol kesehatan. Link : https://youtu.be/1r4dS-z9qFw



Dan berikut adalah artikel yang menceritakan ibu Betti yang berhasil mendirikan sekolah dan perjuangannya untuk mewujudkan niatnya tersebut. 

Ibu Betti juga pendiri Kelompok Belajar TK dan SD Insan Kamil, sekolah dengan biaya terjangkau namun memiliki fasilitas yang bagus, yang dapat dibaca di link berikut:


IBU DRA BETTI RISNALENNI M.M seorang guru yang mempunyai niat membuka sekolah bagus buat siapa saja. Beliau memulainya dengan membuka kursus kemudian membuka sekolah didaerah Bantar Gebang Bekasi. 

Pada awalnya memang tidak ada profit namun dalam perjalanannya dapat ikut menikmati hasil juga dari mendirikan sekolah tersebut. Sekolah didirikan pada tahun 2003 dan hingga sekarang mengelola jenjang KB - TK dan SD.

Banyak hal yang didapat dari mendirikan sekolah, selain mendapatkan untung uang, beliau juga menjadi guru teladan, kepala sekolah berprestasi dan juara interpreuner tingkat Jawa Barat untuk kalangan guru PAUD juga memiliki banyak teman. Sehingga pengetahuan beliau juga bertambah.

Pada masa pandemi ini, kegiatan yang dapat dilakukan disekolah melalui daring selama 3 bulan,  walau lokasi sekolah beliau ada di Zona Hijau dan tidak pernah ada yang kena covid 19.

Selama Daring materi tidak hanya pelajaran saja tapi juga menugaskan kegiatan rumah (life skill dan karakter). Beliau berhasil namun untuk tingkat KB dan TK sudah mulai bosan karena mereka ingin ketemu gurunya.

Selama masa pandemi ini harus bisa bekerja sama dengan seluruh guru dan karyawan. Lebih hati-hati  karena mereka juga stress dengan pandemi ini dan harus berpikir juga untuk mengajar. Bekerja dirumah lebih susah karena gangguannya lebih banyak.

Selanjutnya kuliah dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

SESI TANYA JAWAB

P - Assalamualaikum, Saya siti Nurbaya Az, SE. Karimun, Kepri. Salam hormat dan salut buat ibu Betti. Bu saya punya cucu di TK.  Sejak covid-19  tugas banyak melalui Hp, yang menjadi masalah cucu saja jadi keranjingan bermaih hp. bagaimana solusinya.  Terima kasih, Gelombang 12. Wassalam.

J - Jadi guru dan orang tua harus bisa bekerjasama dalam waktu memegang hp. Guru itu lebih dipatuhi daripada orang tua. Jadi guru membantu memberi tau anak bahwa memegang Hp itu hanya selama berkomunikasi dengan guru dan juga boleh untuk bermain game 15 atau 30 menit. Gunakan alarm untuk mengingatkan waktu bermain habis. Saya juga mempublikasikan lewat instagram IG Insankamil Bekasi, apa yang menjadi tugas mereka. Sehingga anak-anak juga senang. 

P - Assalamu"alaikum ibu selamat malam. Nama saya Adi dari Tangerang Banten. Apakah izin untuk mendirikan sekolah sangat sulit bu? Terima kasih.

J - Sebenarnya tidak pak. Kalau bapak ingin membuat sekolah harus ijin RT, RW dulu. Kalau untuk ijin ke Disdik ya harus ada murid dulu supaya tidak fiktif. Nanti setelah memasukan proposal ke Disdik akan ada uji dari berbagai bidang tingkat wilayah kita. ( kota / kab ).

P - Selamat malam Ibu Betti, semoga tetap menginspirasi kami,  perkenalkan saya bu Sri Budiarti, dari gel. 12 mau bertanya: Selama kurang lebih 17 tahun mengembangkan sekolah, prinsip apa yang ibu pegang sehingga ibu berhasil survive mengubah sekolah rintisan menjadi sekolah yang diminati banyak siswa.

J - Dalam mengelola sekolah itu banyak sekali tantangan. Untuk bisa survive kita memang harus sering menghitung pemasukan dan pengeluaran. Minimal rencana per tahun itu harus cermat walau kita bukan profit tujuannya. Tapi kita jangan nombok juga, nanti kita tidak semangat dalam bekerja .
Di sekolah ada koperasi, sebaiknya dikelola dengan baik  karena itu sumber keuangan juga.

Saya juga membuat kursus berbayar untuk umum. Kebetulan saya memang masih senang dengan Aritmatika, dan bukunya juga buatan sendiri. Jadi kita bisa jualan buku. Saya juga buat kursus Bahasa Inggris metode Pare karena anak saya juga pernah belajar di situ. Awalnya saya pengen murid saya bisa bahasa Inggris dengan lebih deket. Ke Pare kan jauh dan muridnya masih kecil-kecil. Dan unggulan di sekolah saya adalah lulus Insyaa Allah  hafal juz 30.

P - Selamat malam ibu Fatimah, moderator hebat, I Nengah Suradnya dari Bali gelombang 12, mohon ijin bertanya sama Ibu Beti narasumber luar biasa, mohon ibu sharing bagaimana awal mula memulai ibu mendirikan KB, TK dan SD dan sejauh mana perjuangn ibu sampi terwujud itu semua?

J - Awalnya saya tahun 1996 membuat kursus Aritmatika pak. 6 bulan buka, muridnya cuma 3 orang. tapi saya bertahan. Tahun 1998 saya membuat buku sendiri dengan harga 10 ribu, cabang saya di Bekasi saja ada 24 dan salah satu cabang saya ada yang ingin membuka TK. Kemudian saya diajak kerjasama karena saya sudah punya yayasan. Awalnya saya takut untuk buka sekolah. Karena desakan teman saya itu, saya akhirnya mau bekerjasama dengan mengontrak sebuah rumah. 3 bulan berjalan teman saya mundur karena dia merasakan rugi. Buat saya itu tidak bisa, maka akhirnya saya teruskan sendiri. 1 tahun ngontrak, ada rezeki dan ada yang jual / Over rumah, akhirnya beli. Kita mulai dari rumah itu dan saya didukung oleh perumahahan tersebut. Supportnya yaitu masuk ke dalam kalender perumahan lumayan promosi bareng.

P - Assalamualaikum Wr.Wb. Sangat hebat sekali kisah ibu Betti. Sangat menginspirasi. Pertanyaan saya, apakah pembelajaran tatap muka di tahun ajaran baru sudah di lakukan? karena di Lebak masih belum boleh bu. Bagaimana menghilangkan rasa kekhawatiran orang tua tentang virus corona. AAM NURHASANAH, LEBAK- BANTEN.

J - Kalau di Bekasi, sekolah boleh mengajukan ke dinas dengan melengkapi vidio profil, surat persetujuan orang tua. Program itu dinilai dulu, tidak langsung boleh buka. Tapi daerah saya zona hijau. Saya juga mulai kalau sudah di monev dari dinas. Jika ok,  bisa tatap muka,  jika belum ok PJJ lagi.

P - Saya Watik Sugiati gel 11. Ibu Betti . Bagaimana caranya menyampaikan pembelajaran ke orang tua dan peserta didik  TK. Melalui daring untuk peserta didik baru yang belum kita kenal. Langsung daring untuk tahun ajaran 2020- 2021. Bagaimana caranya? 

J - Saya kan belum dapat surat ijin nya ya bu / pak. Tapi untuk murid yang belum kenal kita sudah adakan pertemuan akhir tahun ajaran lalu. Sekitar pertengah Juni. anak- anak kita mulai dengan cara foto dengan lingkungan sekolah. Terus kita kasi mainan edukatif. jadi mereka senang dan sudah pengenalan dengan calon gurunya.


Contohnya, melihat fotonya saja mereka senang.

P - Selamat malam, saya Mahayu dari Bali.  Saya mau bertanya kepada Ibu Betty.  Apa motivasi awal Ibu mendirikan sekolah di Bekasi?  Terima kasih.

J - Awalnya saya pengen anak yang ekonominya minim bisa bersekolah di tempat yang bagus.  Prinsip inilah yang menjadi motivasi saya. Anak miskin di sekolah biasa / kurang itu biasa, anak kaya di sekolah bagus itu biasa. tapi anak kurang beruntung bisa disekolah bagus itu luar biasa. Itulah yang saya lakukan di Insan Kamil. Yang yatim Free, yang tidak mampu pun free. Saya tidak pernah mengaruskan mereka bawa SKTM karena sebenarnya tidak ada orang yang mau disebut miskin. Kalau yang mampu bayar normal..

P - Assalamualaikum. Saya Suheli dari Brebes- Jateng gelombang 11. Mau bertanya : kebetulan saya juga punya lembaga PAUD KB ibu, banyak kendala yang saya hadapi : a) susahnya mencari tenaga pengajar b) memberikan pemahaman ke masyarakat tentang KB susah karena mereka beranggapan kalau KB dulu anak akan terlalu lama di PAUD, penginnya langsung TK, 2 tahun langsung ke SD sehingga muridnya sedikit; c) pembiayaan rendah dan banyak kendala. Bagaimana cara/solusi ibu menghadapi kasus seperti yg saya hadapi. Terimakasih.

J - Ya memang mencari guru itu gampang-gampang susah. Kebetulan kan anak saya sarjana psikologi, jadi kita sering mengadakan acara parenting . Narsum nya bisa saya, teman saya, anak saya atau teman anak saya. Jadi sosialisasi ke orang tua dan masalah anak bisa kita bicarakan. Sekolah saya sering juga mengadakan kegiatan yang menghadirkan orang lain, orang umum. Jadi mereka bisa menceritakan tentang sekolah kita. Acaranya bisa dengan lomba-lomba. Bisa lomba  anak, bisa lomba orang tua.

P - Assalamualaikum Bu, saya Candra dari MTsN 1 Langkat Sumatera Utara, izin bertanya Bu. menurut ibu untuk peserta didik KB, TK dan SD apa efek positif dan negatif terbesar dari bentuk pembelajaran daring selama 3 blm yg lalu? Dan apa strategi ibu untuk mengurangi efek negatif itu ? Terimakasih ibu.

J - Kalau untuk pembelajaran Daring untuk anak KB dan TK itu sering membosankan bagi anak. Tapi saya lebih memberikan kegiatan yang membuat mereka senang. 

Gambar berikut kegiatan yang dapat diberikan kepada anak selama belajar di rumah.

        

P - Assalamualaikum wr wb. Nama Sunaryo, dari Berau, Kaltim, psrta Gel.11. Salut dengan niatan Ibu,  mendirikan sekolah yang bagus tapi bisa dinikmati oleh semua. Pertanyaan saya:

1. Sebagai pendiri sekolah tentu banyak tahu tentang seluk beluk & prosedur pendirian. Mohon bisa berbagi cara/prosedur untuk mendirikan sekolah & apa kendala2 yang ibu hadapi ?

2. Apa saja persyaratan yg diperlukan ?

3. Kemana saja perijinan tsb hrs diurus/dilakukan ?

4. Berapa lama biasanya urusan tersebut selesai & medapat ijin pendirian sekolah ?
Terimakasih

J - 1. Banyak sih kendalanya tapi kalau keinginan kita kuat Insyaa Allah bisa kita atasi.

2. Langkah pertama , ijin warga . 100 tanda tangan, ini lanjut ke RT, RW . Setelah itu kita ijin ke UPP atau UPTD. Lanjut ke Disdik kota. Jaman saya, di sidangkan di tingkat Kotamadya. Dan perlu tanah untuk TK min 300 m2, SD min 1000 m2.

3. Itu udah saya terangkan di no 2.

4. Tidak lama kok kalau sudah lengkap semua dan harus punya akte yayasan yang sampai KemHumkam.

P - Assalamu'alaikum. Salam kenal bu. Saya Titin dari Subang. Ijin bertanya.

1.Bagaimana Tips ibu dapat mengelolah tiga lembaga sekaligus KB-TK-SD?  

2.Terutama dalam manejemen keuangan saat pandemik ini, kebetulan kami juga sekolah swasta? 

3.Apa saja program karakter yang ada di sekolah ibu? Terimakasih

J - Tipsnya : 

1. Jaga kesolidan dalam sekolah itu sendiri.
    - Bagi tugas berdasarkan kemampuan rekan kerja.
    - Sering pantau dengan sharing. (di sekolah saya setiap Senin, setelah pulang siswa ) 

2. Untuk pembayaran segalanya 1 pintu. Boleh dicicil berdasarkan kemampuan. Setiap kegiatan, misalnya mau ulangan, harus lunas SPP bulan, pembagian modul harus lunas SPP bulanan. Jadi orang tua tidak terbebani tapi kita sudah punya harapan uang buat gajian guru dan karyawan.

3. Salaman ,  hafalan juz 30 , hadist dan surat2 pendek,  menjaga kebersihan, wirausaha.

KESIMPULAN

Kalau ada niat baik lakukanlah, Insyaa Allah akan membantu. Kalau mengerjakan sesuatu, lakukanlah yang terbaik karena nilainya akan memperbaiki citra dan kehidupan kita.

Mohon maaf kalau ada yang kurang berkenan bagi ibu bapak semua. Karena ini adalah pengalaman hidup saya sebagai seorang guru yang pernah mengajar di tempat bagus dan didalamnya ada anak panti asuhan yang nasibnya kurang beruntung. Sekolah itu adalah pelecut saya sehingga saya bisa mendirikan sekolah seperti itu. sekolah itu adalah sekolahnya bapak menteri pendidikan kita sewaktu SD.

Demikian sharing ilmu dari IBU DRA BETTI RISNALENNI M.M.
Semoga bermanfaat.



7 comments:

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...