Tuesday, March 31, 2020

Resume pembelajaran Bapak Agus Sampurno

Day 3, 31 March 2020

Resume Pembelajaran Bapak Agus Sampurno.


Image result for gambar Panduan Awal Mendesain Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)

Berikut adalah koleksi judul yang diinspirasikan dari Panduan Awal Mendesain Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring)

1. 5 Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online.
2. Solusi Pembelajaran Daring BEBAS stress.
3. 5 (lima) Aplikasi BARU untuk mengajar online.
4. Aplikasi online yang anda bisa mulai SEKARANG gunakan untuk mengajar secara online
5. RAHASIA menjadi guru sukses mengajar secara online

Dari deretan judul diatas mana yang menurut bapak ibu yang paling mudah dan yang paling sulit untuk dijadikan sebuah tulisan.

Contoh short article dari bapak Agus:

1. 5 Cara agar ANDA menjadi guru yang handal dalam mengajar secara online.

Pembukaan 

Dalam era wabah Covid 19 ini semua guru ada di dalam keterpaksaan. Semua keluar dari zona nyaman untuk menjadi bisa dan mampu menghantarkan pembelajaran jarak jauh atau  distance Learning

Paragraph ke 2

Dalam menjawab tantangan ini, guru mesti memaksa dirinya agar bisa sukses dan belajar dari pengalaman.

Berikut ini adalah 5 hal yang mesti dilakukan guru agar dirinya handal dalam berpraktek sebagai guru jarak jauh:

1. Membuat tugas kepada siswanya dengan simple saja. Simple bukan berarti gampang atau terlalu mudah. Simple disini berarti siswa tidak mulai dengan hal yang sama sekali baru, guru bisa mulai dengan tugas yang pernah siswa lakukan dan sedikit di modifikasi.

2. Membuat jadwal atau calendar mingguan. Dalam seminggu siswa mesti tahu ia akan belajar apa dan menghasilkan produk apa. Hal ini juga cara guru menghargai orang tua siswa yang telah membantu siswa di rumah. Dengan memberikan gambaran mingguan artinya guru memberikan napas bagi orang tua di rumah tenggat waktu dan pikiran dalam membantu mengerjakan.

3. Berani memodifikasi kurikulum. Terapkan prinsip merdeka belajar berikan tugas yang diluar kebiasaan namun menantang siswa. Membuat vlog misalnya anak pasti senang.

4. Tetap menjadi guru. Jangan karena mediumnya berbeda maka dalam diskusi dengan siswa, anda jadi terlalu cair atau bahkan terlalu tegang. Tetaplah jadi guru yang tegas tapi ramah saat melakukan pembelajaran online.

5. Ingat bahwa isi atau konten pembelajaran anda bisa dari mana saja. Variasikan sumber belajar maka kelas online anda akan menarik. Jika sumber belajar anda beragam, jangan terkejut jika siswa juga akan menjadi kreatif dalam menuangkan hasil belajarnya. Bisa lewat peta pikiran, vlog, blog atau infographic

Penutup

Dalam mengajar aspek komunikasi tetap nomor satu. Tempatkan diri anda pada diri siswa, misalnya tidak semua siswa punya dukungan yang sama dari orang tua siswa. Untuk itu ada baiknya selalu mengecek bagaimana siswa mengerjakan tugas nya selama pembelajaran dengan tipe online ini.

Menulis itu berdasarkan apa yang ada dipikiran kita atau harus sesuai hasil penelitian atau menurut teori, atau kita bisa bebas mengemukakan pendapat baik teori atau pendapat di pikiran kita?
Bercerita 5 cara setiap orang punya cara masing masing.

Menulis itu menginspirasi orang lain.

Namun bisa saja sebuah tulisan sifatnya mengulas wacana, kalau ini tipe penulis di media. Sementara untuk blog semakin anda menginspirasi semakin anda akan dilirik.

Pembuka berisi fenomena

Penutup berisi ajakan.

Jika kita galau tanda bahwa kita adalah guru jempolan
Tidak ada yg bisa gantikan pembelajaran tatap muka.  Jadi mulai dari yg paling mungkin terlebih dahulu, dan jangan menunggu orang lain siap.
Orang tsb bermental kepiting, binatang kepiting akan menarik sesama nya yg ingin keluar saat terjebak (Kata-kata bijak dari bapak Agus)


Tugas:

Buatlah Artikel atau tulisan dari daftar judul diatas (1 sd 5)

Attachment

https://www.kompasiana.com/indracharismiadji7513/5e789433097f365d9b0ab072/panduan-awal-mendesain-pembelajaran-dalam-jaringan-daring



8 comments:

  1. resumenya bagus buk...
    semoga kita bisa saling berbagi ilmu ya buk...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mbak Daris atas supportnya, sebenarnya saya masih belajar tentang pembuatan blog ini, klo ditanya alamat blog nya yang mana masih bingung, hahaha, cuma klo setelah nulis artikel, baru bisa share yang keluar namanya. Maklum alut lama mba,.

      Delete
  2. Keren Bu. Share cara bangkit dari frustasi ngeblog yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya saya pengin banget buat blog saat itu, blog inipun sebenarnya sudah dibuat sejak tahun 2013, ketika saya tugas misi di Lebanon, tapi saya tidak menemukan kolom dimana saya bisa ketik, yang saya temui hanya profil saya,.sempat saya tinggalkan blog ini. Alhamdulillah saya menjadi satu group di penelitian kualitatif S3, disitulah ketemu om jay, dan om jay menawarkan pelatihan ini. Saya baca comment teman2 di group kita ini, saya kotak katik, akhirnya bisa. Saya rasa blog ini sangat membantu banyak untuk mengembangkan daya kreativitas kita. Saya juga ingin menyarankan ke om jay, untuk topik-topiknya bisa langsung terarah tentang pengajaran, bagaiana belajar yang efektif,bagaimana membaca cepat, bagaimana menjadikan membaca sebagai habbit,.
      Salam hormat bpk Mukhlis.

      Delete
  3. Interested

    Sebagai pedoman instruktur dalam menyelenggarakan dan mengembangkan sistem pembelajaran berbasis e-learning dalam mencapai kompetensi sesuai kurikulum yang berlaku.

    Thanks A lot of

    Healthy and successful Mam Nani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you very much my kind former students. You are always the best with your ideas and sharing to give your friends' motivation.

      I do appreciate it.

      Delete
  4. Thank you sun,..semangat terus ya untuk persiapan seskonya.,.Sehat dan sukses selalu,..Amiin.

    ReplyDelete

Jenis Penelitian Evaluasi 1

Jenis Penelitian Evaluasi Sugiono (2015) mengutip dari pendapat Kidder (1981), "there are many different types of evaluation depending ...